Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci meminta kepada para pemudik untuk berhati-hati dan waspada saat melintasi ruas jalan yang rawan longsor di Kabupaten Kerinci, Jambi.

Data yang tercatat di BPBD Kabupaten Kerinci, setidaknya ada tiga titik rawan longsor di jalur mudik. Ketiga titik rawan longsor tersebut berada di kawasan Muara Emat, Kecamatan Batang Merangin, wilayah Gunung Tujuh arah Solok Selatan, dan wilayah Siulak Deras.

Kepala BPBD Kabupaten Kerinci Dedi di Jambi, Kamis, mengatakan bagi pemudik yang berencana melintasi jalur Merangin - Kerinci waspada potensi bencana longsor, terutama ketika turun hujan.

“Karena geografis jalan di Muara Emat banyak tebing dan rawan longsor,” katanya.

Dedi menyebutkan biasanya di wilayah yang rawan bencana longsor tersebut telah disiagakan alat berat oleh dinas terkait. Ia meminta warga yang melintas untuk berhati-hati agar lalu lintas lancar dan aman.

"Dan kami minta kepada pemudik untuk tetap waspada," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kerinci Maya Novebri mengatakan untuk ruas jalan Kerinci - Merangin dan Kerinci - Solok Selatan, telah disiagakan alat berat.

Maya menyebutkan alat berat tersebut sewaktu-waktu dapat dikerahkan jika terjadi longsor.

Jumlah alat berat yang disiagakan yakni satu di Muara Emat dan satu di Kayu Aro. Penyiagaan ini untuk mengantisipasi ketika terjadi bencana longsor di ruas jalan tersebut.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023