Gubernur Al Haris mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi sedang mempersiapkan personel untuk menggelar siaga menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada tahun ini.

"Usai gelar Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Bencana Kekeringan dan Karhutla bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, melalui zoom meeting, Jambi segera siagakan personel untuk menghadapi karhutla tahun ini," kata Al Haris di Jambi, Kamis.

Provinsi Jambi saat ini memiliki tiga daerah yang berstatus siaga karhutla yakni Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, dan Muaro Jambi.

Gubernur Al Haris mengungkapkan berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat perubahan cuaca terjadi sangat ekstrem dan meminta daerah yang berstatus siaga untuk melakukan persiapan.

Pemprov Jambi telah mempersiapkan tim untuk mengantisipasi bencana kekeringan dan karhutla, kata dia, dimana telah mempersiapkan personel dari TNI, Polri, dan pihak terkait lainnya.

"Kita tidak ingin hutan di Provinsi Jambi banyak terbakar seperti di Provinsi Riau," kata Gubernur Al Haris.

Sementara itu Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah mengatakan akan menindaklanjuti arahan dari Gubernur Jambi. Pada arahannya Gubernur Al Harus meminta percepatan penurunan tim siaga bencana ke lapangan.

"Tadi saya sudah berkoordinasi untuk mempersiapkannya," kata Bachyuni.

 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023