Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jambi mengadakan Forum Group Discussion (FGD) untuk menyiapkan program aplikasi 'Satu Data' Pemerintah Provinsi Jambi bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi dan Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lingkup pemerintah provinsi itu.

Diskusi dan sekaligus koordinasi untuk Satu Data Pemerintah Provinsi Jambi itu merupakan bagian dari penerapan Peraturan Gubernur Jambi Nomor 28 tahun 2022 mengenai Satu Data Indonesia Provinsi Jambi, agar dapat mewujudkan Satu Data Indonesia, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jambi Ariansyah, di Jambi, Rabu.

Program dalam aplikasi Pemerintah Provinsi Jambi yang terpadu perencanaannya, pelaksanaannya, evaluasi dan pengendalian pembangunannya, perlu didukung oleh data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan dan dukungan dari seluruh Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, sehingga diperlukan perbaikan tata kelola data yang akan dihasilkan oleh pemerintah melalui program Satu Data Indonesia.

"Untuk mewujudkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan, perlu didukung dengan data yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah dalam mengakses, diperlukan perbaikan tata kelola data yang akan dihasilkan oleh pemerintah melalui penyelenggaraan Satu Data Indonesia," kata Ariansyah.

Dalam mewujudkan Satu Data Indonesia Pemerintah Provinsi Jambi, diharapkan kepada seluruh Kepala OPD dapat memberikan dukungan data yang ada pada OPD bersangkutan.

Pada program ini Kepada Dinas Kominfo sebagai Walidata Statistik Sektoral untuk diolah, dianalisis dan disajikan pada Portal Satu Data Provinsi Jambi dan Jambi Data Analitik Center (JDAC) dan melalui kegiatan FGD ini memiliki maksud dan tujuan untuk membentuk sebuah kesepakatan data prioritas yang akan disampaikan serta dipublikasi oleh para OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi melalui sebuah Portal Satu Data.

"Pelaksanaan Forum Group Discussion (FGD) Satu Data Pemerintah Provinsi Jambi memiliki tujuan untuk membentuk sebuah kesepakatan dalam data prioritas yang akan disampaikan dan dipublikasikan oleh OPD melalui Portal Satu Data Provinsi Jambi menuju Satu Data Indonesia dan jika Satu Data ini sudah berjalan optimal, diharapkan seluruh data dapat dimonitor secara langsung melalui Jambi Data Analitic Center (JDAC)," kata Ariansyah.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023