Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Wilayah Jambi menjamin ketersediaan stok beras dan kebutuhan lainnya bakal tercukupi dalam menghadapi Idul Adha 1444 H. 

Manager Supply Chain Perum Bulog Jambi Lutfillah Barus di Jambi, Senin, menyebutkan saat ini stok beras di gudang Bulog Jambi mencapai 9 ribu ton. 

"Saat ini ada 9 ribu ton, stok ini cukup untuk tiga hingga empat bulan ke depan," katanya.

Ia menjelaskan di sisi lain Bulog memiliki  beras komersil, gula pasir, minyak goreng dan stok daging yang diperkirakan mencukupi kebutuhan masyarakat terutama menjelang Idul Adha mendatang.

Untuk stok daging beku yang disiapkan Bulog menghadapi Idul Adha sebanyak 38 ton. Daging beku ini disiapkan untuk operasi pasar, terutama di pasar pencatatan BPS dan kabupaten/kota yang mana stok untuk daging beku sapi 8 ton dan 30 ton untuk daging beku kerbau.

Untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan masyarakat, Bulog tetap melakukan operasi pasar sepanjang tahun 2023 ini. 

Untuk itu Bulog  juga berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan setempat untuk kegiatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Ia menjelaskan bahwa saat ini operasi pasar bahkan telah dilakukan Bulog setiap hari. Tapi, pada H-5 Idul Adha, Bulog biasanya menambah volume atau jumlah barang baik dalam operasi pasar ataupun saat kegiatan GNPIP.

"Kami juga tetap melayani jika ada permintaan kecamatan kabupaten jika diminta," katanya.

Sementara itu, untuk stok gula pasir yang disediakan saat ini mencapai 50 ton, minyak goreng 36 ribu liter.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023