Gubernur Jambi Al Haris dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) 2023 mengingatkan pentingnya peranan desa dalam membangun Indonesia karena desa merupakan garda terdepan dalam pembangunan bangsa.

Ia pun mengharapkan para pimpinan desa yang hadir dalam kegiatan tersebut dapat peka serta langsung merasakan dan mau mendengarkan aspirasi masyarakat desa demi kemajuan desa.

"Apa yang bapak-ibu perjuangkan untuk desanya, kita berjuang istiqomah sebagai pemimpin. Inilah yang Allah catat karena beribadah membangun warga desanya menjadi sejahtera," katanya dalam sambutan rakernas di Jambi, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan dengan tema "Desa Kuat untuk Indonesia yang Menjaga Bangsa" ini sangat penting untuk membangun persepsi bersama untuk memperkuat ketahanan maupun keamanan desa serta mendorong kemandirian desa kedepannya.

Tema tersebut muncul mengingat kepala desa akan menghadapi tugas untuk menjaga daerahnya tetap aman dan kondusif menjelang penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) maupun pemilihan kepada daerah serentak (pilkada) pada 2024

Dalam kegiatan yang juga dihadiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Al Haris juga menyambut para peserta yang hadir untuk dapat melihat dan merasakan kehangatan masyarakat serta keindahan alam Provinsi Jambi.

"Jambi siap sebagai tuan rumah, jika kami kurang pas dan ada yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan mudah-mudahan pada forum yang mulia ini para Kades yang kami cintai sekalian bisa bersilaturahmi di Jambi," katanya.

Rakernas yang berlangsung di Gedung Balairung Universitas Jambi, Mendalo, diikuti oleh ribuan kepala desa serta dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri.





 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023