Organisasi Kemahasiswaan (OK) Gerakan Merangkul Mimpi dan Cita Suku Anak Dalam (GEMPITA SAD) FKIK Universitas Jambi (Unja) memperingati HUT ke-78 RI bersama masyarakat Suku Anak Dalam di kawasan Sungai Terap, Desa Jelutih, Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Batanghari.

Kegiatan yang dilaksanakan Bersama KKI WARSI Jambi tersebut dihadiri oleh masyarakat dari pima Ketamenggungan yaitu Tamenggung Ngelembo, Ngelambu, Nyenong, Minang, dan Ngirang. Hadir pula sebagai peserta upacara, beberapa orang peneliti dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional).

Ketua OK Gempita SAD Unja, Syahniah mengatakan acara kali ini merupakan kegiatan tahunan yang menjadi program rutin, meski dilaksanakan di tempat dan kelompok SAD yang berbeda setiap tahun.

"Diharapkan peringatan hari kemerdekaan menjadi sarana meningkatkan semangat bagi warga SAD terutama generasi mudanya untuk memacu diri meningkatkan pengetahuan dan Pendidikan agar sama dengan warga negara dan generasi muda Indonesia lainnya," katanya dalam keterangan resmi di Jambi, Senin.

Syahniah juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor, Dekan, dan segenap civitas FKIK Unja yang sudah memberikan kesempatan menahkodai OK Gempita selama periode 2022-2023. 

Acara dimeriahkan dengan beberapa lomba yaitu lomba makan kerupuk, lomba goyang balon, dan lomba memecahkan balon yang diikuti oleh anak-anak dan orang dewasa

Kegiatan ini sudah berlangsung secara rutin setiap tahun sejak Agustus  2021 di SAD Desa Dwikarya Pelepat Kabupaten Bungo, dan pada 2022 di Bukit Suban Kecamatan Air Hitam Sarolangun yang diikuti oleh kelompok Tamenggung Ngrib, Teganai Basemen, dan kelompok Saidun Punti Kayu 2.

Temanggung Nyenong di akhir acara menyampaikan bahwa segenap warga SAD kawasan Sungai Terap sangat terkesan dan mengucapkan terima kasih kepada Universitas Jambi yang sudah memfasilitasi acara tersebut. Ia berharap setiap tahun peringatan HUT RI bisa dilakukan secara rutin di kawasan tersebut.

Baca juga: Universitas Jambi resmikan Unja SMART TV pada HUT RI

Baca juga: Unja latih pedagang kaki lima kelola limbah jadi eco enzym

Baca juga: 6.400 mahasiswa ikuti kegiatan pengenalan kampus Unja

Pewarta: Tuyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023