Universitas Jambi (Unja) melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKK MB) 2023 yang diikuti oleh 6.400 mahasiswa baru.
 
Kegiatan berlangsung selama dua hari pada 8 Agustus dan 9 Agustus 2023. Kegiatan PKK MB 2023 dibuka oleh Rektor Unja yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Teja Kaswari.

"Mahasiswa sekalian yang saat ini sudah berada di sini merupakan mahasiswa yang beruntung. Unja saat ini sedang dalam langkah internasionalisasi menuju A World Class Entrepreneurship University, dan mahasiswa semuanya akan menjadi saksi sekaligus berperan aktif di dalamnya," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Teja Kaswari di Jambi, Selasa.

Ketua Pelaksana PKK MB Unja 2023, A Zarkasi menyebutkan bahwa jumlah mahasiswa baru yang mengikuti PKK berjumlah lebih dari 6.400 orang yang berasal dari tujuh fakultas.

Pada hari pertama kegiatan PKK MB 2023 diisi dengan orasi penyampaian materi oleh Kejaksaan Tinggi Jambi, Gubernur Jambi, para Wakil Rektor, dan Kepala Perpustakaan Unja.

Kepala Kajati Jambi Elan Suherlan menyampaikan materi tentang membentuk generasi muda yang integritas dan anti korupsi.

"Penyuluhan yang saya sampaikan kepada mahasiswa semuanya hari ini merupakan langkah awal dari pencegahan tindak pidana korupsi. Mahasiswa bisa berperan aktif dalam berbagai kegiatan untuk menggaungkan pencegahan anti korupsi. Buktikan bahwa kalian semua memang pantas masuk Unja," katanya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris berharap mahasiswa-mahasiswa Unja bisa sukses, berkontribusi untuk negeri, mengikuti perkembangan, dan menjadi pewaris kepemimpinan Jambi di masa depan.

"Kita berharap semua mahasiswa baru Unja bisa sukses dan berkontribusi untuk negeri tanpa khawatir kekurangan SDM berkualitas. Kita juga berharap mereka bisa mengikuti trend, ilmu, dan skill yang saat ini berkembang. Kita punya harapan besar, alumni Unja bisa mewarisi apa yang kita semua lakukan,” kata dia.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Kamid dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Teja Kaswari juga menyampaikan materi mengenai serba serbi mengikuti kuliah di Unja serta materi tujuan atau goals seorang mahasiswa dan perilaku bermedia sosial. Sesi tersebut dimoderatori oleh Korpus Dokumentasi dan Informasi Publik Mochammad Farisi.

Selanjutnya, pada hari kedua PKK MB 2023 sejumlah perwakilan instansi akan memberikan materi diantaranya BNN Jambi,  Polda Jambi, Korem 042 Garuda Putih, Satgas PPKS Unja.

Baca juga: Kepala BNN dan ratusan mahasiswa deklarasi Kampus Bersinar di Jambi

Baca juga: Unja promosikan budaya dan kuliner Jambi saat Rakernas Forpimawa

Baca juga: Mahasiswa manajemen Unja juara 1 lomba desain poster nasional

Pewarta: Tuyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023