Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi menjalin kerja sama dengan Faculty of Health, Medicine and Life Science (FHML) Maastricht University di Belanda untuk memperkuat kapasitas kelembagaan institusi kedokteran dan ilmu kesehatan.

Dekan FKIK Universitas Jambi  Humaryanto di Jambi, Jumat, mengatakan adapun ruang lingkup kerja sama meliputi implementasi penguatan kapasitas kelembagaan institusi kedokteran dan ilmu kesehatan lainnya yang secara umum dituangkan ke dalam program tri darma perguruan tinggi.

Kedua institusi sepakat pelaksanaan kerja sama ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi. Pada tahap implementasi kerja sama, disepakati melakukan proses monitoring dan evaluasi proses belajar mengajar khususnya dengan metode Problem Based Learning (PBL) yang selama ini sudah diterapkan di beberapa program studi di FKIK.

Komponen kerja sama selanjutnya mencakup pengembangan Interprofessional Education (IPE). Ini  dinilai sangat penting bagi institusi, termasuk FKIK Universitas Jambi.

Unja yang memiliki berbagai bidang keilmuan kedokteran dan ilmu kesehatan sehingga dapat menghasilkan calon tenaga kesehatan yang mampu bekerja sama dengan profesi lainnya dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. 

Program IPE ini selanjutnya akan diimplementasikan dalam bentuk pelatihan, pendampingan, serta penelitian yang melibatkan kedua institusi.

Kerja sama juga mencakup peluang pertukaran mahasiswa, kesempatan untuk mengikuti short-courses dan pendidikan lanjutan bagi tenaga pendidik dari FKIK Universitas Jambi ke Maastricht University. Selain itu juga penelitian dan publikasi ilmiah gabungan dari kedua institusi.

Kesepakatan bersama antara FKIK Universitas Jambi dan FHML Maastricht University ini dimulai dari pembahasan di awal tahun 2023l lalu. Beberapa pertemuan secara virtual telah dilakukan antara dua institusi sehingga menghasilkan kesepakatan bersama.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan FHML Maastricht University dilakukan Dekan FKIK Universitas Jambi bersamaan dengan rangkaian kegiatan Asosiasi Fakultas Kedokteran Negeri Indonesia (AFKNI) mengikuti kegiatan kunjungan ke Belanda dalam rangka meningkatkan koneksi dan kerja sama internasional bersama beberapa perguruan tinggi di Belanda.




 

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023