Tim pengawas dan evaluasi Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) yang dipimpin oleh Asintel Kasad Mayjen TNI Jaka Tandang meninjau program TMMD ke-118 Kodim 0419/Tanjab Korem 042/Gapu Jambi di Desa Sungai Tawar, Kecamatan Medahara, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi pada Kamis (12/10).

Di posko TMMD, tim mendengarkan pemaparan Dandim 0419/Tanjab Lekol Kav Muslim Rahim Tompo, selaku Dansatgas TMMD Ke-118 terkait pencapaian kegiatan TMMD di Desa Sungai Tawar hingga hari ke-23, kemajuan pekerjaan fisik sudah mencapai 90 persen lebih dari total yang ditargetkan, kata Plh Kapenrem 042/Gapu Jambi Kapten Inf AR Dalimunthe, di Jambi, Jumat.

Kegiatan sasaran fisik pada program TMMD itu pembuatan jalan sepanjang 12,54 kilometer, sasaran fisik tambahan berupa rehab rumah tidak layak huni lima unit, rehab masjid dua unit, rehab madrasah, PAUD, lapangan sepakbola, pembangunan pos kamling, sumur bor, lapangan voli, musalah dan pembuatan MCK umum masing-masing satu unit.

Sedangkan untuk kegiatan sasaran nonfisik berupa penyuluhan kepada masyarakat seperti penyuluhan pengawasan pembangunan, penyuluhan paket C, stunting, pertanian, perikanan/perternakan, kebakaran hutan dan lahan, narkoba, hukum dan kamtibmas, bahaya teroris dan paham radikalisme, UMKM serta penyuluhan sertifikat lahan dan tanah bagi masyarakat.

Di tempat yang sama, sebelum bertolak ke lokasi peninjauan Ketua tim Mayjen TNI Jaka Tandang dalam sambutannya mengatakan kegiatan pengawasan dan evaluasi (wasev) TMMD dilaksanakan bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi Satgas TMMD dengan harapan kegiatan TMMD dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien.

"Tujuan kegiatan TMMD, selain untuk membantu percepatan pembangunan di daerah, juga untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat, serta sebagai sarana untuk mempererat kemanunggalan TNI-rakyat," kata Jaka Tandang.

TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah daerah, serta seluruh komponen masyarakat atas kerja sama dan semangat gotong royong dalam mendukung kelancaran kegiatan TMMD yang sedang berjalan ini.

Sementara itu Danrem 042/Gapu Jambi Brigjen TNI Supriono mengatakan kegiatan TMMD yang diselenggarakan ini merupakan wujud kecintaan TNI kepada masyarakat, TNI akan selalu berada di tengah-tengah masyarakat, berupaya membantu masyarakat dan menjadi solusi dalam mengatasi setiap kesulitan masyarakat.

"TMMD ini merupakan suatu komitmen TNI untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mudah-mudahan dengan kegiatan TMMD ini dapat mengatasi kesulitan masyarakat terutama yang berada di daerah-daerah terpencil seperti ini." katanya.

Kedatangan Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi Mabesad dan rombongan ke posko TMMD didampingi Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Ruslan Effendy, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono dan Bupati Tanjung Jabung Timur Romi di lokasi TMMD yang disambut dengan tari adat sekapur sirih dan pengalungan sal oleh perangkat Desa dan warga setempat.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023