PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menggandeng Universitas Jambi memberikan edukasi pasar modal bagi 1.500 orang mahasiswa.

Direktur Utama KSEI Samsul Hidayat di Jambi, Kamis, mengatakan sosialisasi dan edukasi kepada mahasiswa menjadi salah satu fokus utama KSEI dalam meningkatkan literasi pasar modal.

Hal ini tidak lepas dari besarnya minat mahasiswa untuk menjadi investor di pasar modal. Minat dan partisipasi mahasiswa untuk mulai berinvestasi juga dapat menjadi fondasi kokoh untuk perkembangan dan ketahanan pasar modal Indonesia.

“Anak muda semakin cerdas dalam menentukan pilihan investasinya, termasuk investasi di pasar modal," kata dia.

Sektor industri yang sahamnya banyak dimiliki anak muda rata-rata memiliki kapitalisasi yang cukup besar, sehingga faktor fundamental menjadi pertimbangan anak muda dalam menentukan saham pilihannya.

Kondisi ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pasar modal Indonesia khususnya regulator dalam hal menyediakan sarana dan infrastruktur yang memadai karena milenial dan gen z sangat identik dengan perkembangan teknologi dan era digital.

Dengan demikian, layanan pasar modal mulai dari pembukaan rekening, proses transaksi hingga penyelesaiannya harus dapat dilakukan secara mudah dan transparan.

Samsul menyampaikan KSEI bersama dengan berbagai pihak melakukan program peningkatan literasi pasar modal melalui kerja sama dengan perguruan tinggi. Hal ini cukup efektif karena berhasil mengajak mahasiswa sebagai investor muda untuk mulai berinvestasi di pasar modal.

Hingga akhir September 2023, nilai investasi investor muda bahkan sudah mencapai Rp165 triliun sedangkan dengan investor muda Jambi yang baru mencapai Rp890 miliar.

"Kita berharap dalam jangka waktu lima hingga sepuluh tahun ke depan, mereka akan menjadi investor pasar modal yang berkualitas dan paham berinvestasi, sehingga mampu mendukung ketahanan pasar modal Indonesia," kata dia.

Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia Provinsi Jambi Rena Novita mengatakan edukasi pasar modal kepada mahasiswa ini masuk agenda tahunan BEI dalam rangka meningkatkan inklusi dan literasi pasar modal.

Edukasi pasar modal ini bertemakan "Calling for Gen-Z: To be Successful with Financial Health and Great Investment".

Rena mengatakan 1.500 mahasiswa peserta edukasi juga langsung mendapatkan rekening saham. Selain Unja, BEI juga akan memberikan edukasi pasar modal ke UIN Jambi pada akhir Oktober 2023.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023