Senat Universitas Jambi menggelar rapat tahapan penyaringan pemilihan rektor periode 2024-2028 dengan agenda pemaparan visi dan misi di Jambi, Selasa.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Senat Prof Syamsurijal Tan dan dihadiri oleh perwakilan Dirjen Diktiristek serta 85 anggota senat Universitas Jambi.

Empat bakal calon rektor yang menyampaikan visi misi yaitu Prof Haryadi, Prof Nurhayati, Prof Sutrisno, dan Prof Helmi.

Setelah penyampaian visi misi dilanjutkan sesi tanya jawab dan pemilihan langsung oleh 85 anggota senat yang hadir.

Dari hasil pemilihan diperoleh suara masing-masing yaitu  Prof Haryadi sebanyak 22 suara, Prof Nurhayati sebanyak 3 suara, Prof Sutrisno sebanyak 37 suara dan Prod Helmi sebanyak 23 suara.

Sehingga tiga nama yang akan maju pada pemilihan berikutnya adalah Prof Haryadi, Prof Sutrisno dan Prof Helmi.

Perwakilan Ditjen Diktiristek Suwinto mengatakan dengan terpilihnya rektor periode 2024-2028 ini diharapkan membawa perubahan lebih besar dan seluruh bakal calon rektor yang sudah menandatangani surat deklarasi damai  dapat menjaga kesepakatan saat melakukan proses pemilihan rektor agar terlaksana dengan aman.

Setelah ditetapkan 3 calon Kemendikbudristek akan melakukan proses pemilihan dengan menteri melalui proses wawancara dan rekam jejak, ini dilakukan agar calon rektor bisa memiliki pemimpin yang membawa kemajuan Unja terutama dalam pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi.

“Kami berharap dari seluruh proses yang telah dijalankan tidak ada lagi permasalahan-permasalahan, dan tidak ada lagi perbedaan yang dimana dalam proses pemilihan ini adalah sesuatu yang biasa sehingga terus ada evaluasi dan perbaikan pada setiap periode pemilihan rektor itu sendiri,” kata dia.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor,m Taufik Yahya menjelaskan setelah pemilihan ini akan ditetapkan tiga calon rektor dan diteruskan ke Kemendikbudristek, untuk tahapan selanjutnya yaitu tahapan wawancara oleh Kementerian dan tahapan pemilihan yang diagendakan pada  9 November 2023.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023