Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jambi menggandeng Bank BRI untuk memfasilitasi layanan QRIS bagi UMKM di kawasan Cagar Budaya Nasional Candi Muaro Jambi.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Hermanto di Jambi, Senin, mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan digitalisasi pembayaran pada puluhan UMKM di Pasar Dusun Karet (Paduko) yang berada di kawasan Candi Muaro Jambi.

"Seluruh UMKM sudah menyediakan pembayaran melalui QRIS ini memperkuat eksistensi pelaku usaha setempat," kata dia.

Digitalisasi itu, kata dia, untuk memudahkan kebutuhan transaksi bagi wisatawan dan pelaku usaha setempat.

Ia menegaskan ini juga menjadi bagian dukungan bank sentral dalam pengembangan kawasan pariwisata daerah.

Pimpinan Cabang BRI Jambi Tomy Irawan mengatakan bahwa BRI memiliki komitmen yang kuat dalam memberdayakan UMKM dengan menyediakan layanan QRIS bagi 50 UMKM di kawasan Candi Muaro Jambi.

"Mulai dari depan pintu masuk Candi Muaro Jambi, ada berkisar 25 UMKM seperti pedagang suvenir, makanan hingga sewa sepeda sudah memiliki QRIS, begitu juga dengan UMKM di dalam candi ada 25 UMKM yang juga sudah memiliki QRIS," kata dia.

Dengan tersedianya QRIS bagi pelaku UMKM ini, maka akan mempermudah transaksi pembayaran oleh wisatawan.

Ke depan, kata dia, wisatawan di Candi Muaro Jambi bukan saja dari domestik, namun juga wisatawan mancanegara akan semakin dipermudah dengan layanan pembayaran digital.

"Wisatawan mancanegara yang datang tidak perlu tukar rupiah, bisa membayar pakai QRIS," kata dia.

Bank Indonesia mencatat jumlah merchant dan pengguna QRIS di Jambi terus menunjukkan peningkatan.

Pada triwulan III 2023, jumlah merchant QRIS di Jambi tercatat sebanyak 276,7 ribu. Sementara itu, jumlah pengguna QRIS di Jambi mencapai 446,29 ribu.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023