Dinas kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi mengimbau masyarakat mewaspadai penyebaran demam berdarah dengue (DBD) dan penyakit menular lainnya memasuki musim hujan tahun ini dengan menjaga kebersihan lingkungan dan pola hidup sehat.

Kepala Dinas kesehatan Provinsi Jambi Ferry Kusnadi di Jambi, Kamis mengatakan penyakit demam berdarah biasa meningkat di musim hujan dan harus diantisipasi gejala demam berdarah tersebut dengan membersihkan dan membuang genangan air yang menjadi potensi sarang nyamuk.

Pada bulan Desember, ujarnya musim hujan akan lebih intensif maka pemerintah pusat melalui Kemenkes RI melakukan inovasi memanfaatkan nyamuk Wolbachia untuk mengendalikan sebaran kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Mengutip laman Kemenkes, Wolbachia adalah bakteri yang dapat tumbuh alami di serangga terutama nyamuk, bakteri Wolbachia dapat melumpuhkan virus dengue yang ada pada nyamuk aedes aegypti sehingga tidak menularkan ke manusia.

Program pemerintah pusat ini sudah diujicobakan di tahun kemarin dan tahun ini dikerjakan lagi di Yogyakarta, ke depan akan mungkin diujicobakan ke seluruh Indonesia dengan daerah populasi nyamuk aedes aegypti yang tinggi.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023