Pemerintah Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, memfasilitasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempromosikan produk melalui ajang Merangin Expo di Bangko, 16-23 Desember 2023.

Penjabat (Pj) Bupati Merangin Mukti di Jambi, Minggu, mengatakan selama satu pekan itu Pemkab Merangin memberikan ruang bagi pelaku UMKM dan pedagang kecil untuk memasarkan produk dalam pameran perayaan HUT ke-74 kabupaten.

Mukti menegaskan bazar UMKM pada Merangin Expo ini menjadi satu upaya pemerintah untuk membantu UMKM berkembang di tengah persaingan pasar nasional dan global.

Oleh karena itu beragam produk kuliner, kerajinan tangan, batik dan karya UMKM yang berciri khas daerah lebih ditonjolkan pada pameran tersebut.

Sejauh ini, pengenalan produk khas daerah melalui ajang pameran menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan sektor UMKM. Tak hanya aktif menggelar kegiatan di dalam lingkup kabupaten, pemkab juga kerap mengirimkan perwakilan UMKM untuk mengikuti pameran tingkat nasional.

Mukti mengatakan adanya pameran UMKM ini diharapkan juga mendongkrak kunjungan wisatawan karena turut digelar Festival Biduk Amo, Parade Tengkuluk, Merangin Berbatik dan Festival Geopark yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Merangin, BUMN dan BUMD.

Ketua Pelaksana Merangin Expo 2023 Dadang menjelaskan setidaknya 30 pelaku UMKM asal Merangin dan 53 pelaku UMKM dari luar kabupaten yang ambil bagian pada ajang pameran ini.

Merangin Expo 2023 bertujuan untuk menyampaikan informasi-informasi pembangunan baik yang sudah dikerjakan dan dicapai pemerintah maupun program kerja ke depan.








 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023