Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi meluluskan 1.502 wisudawan pada wisuda sarjana ke-66, magister ke-39, doktor-15 dan diesnatalis ke-56, Kamis.

Plt Rektor UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi Prof Abu Rokhmad di Jambi mengatakan para agar wisudawan agar menjadi alumni yang transformatif, inovatif dan unggul.

Kepada wisudawan, ia juga meminta mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan ilmu yang didapat melalui perguruan tinggi, ia berharap bisa dimplementasikan dikehidupan masyarakat ataupun dunia kerja.

"Generasi Z memang banyak memilih pekerjaan di luar menjadi karyawan atau pegawai, apapun itu manfaatkan ilmu kalian dengan baik untuk kebaikan masyarakat banyak terutama warga Jambi," kata dia.

Ia berharap wisudawan membuktikan kerja keras dan kualitas para alumni UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi dengan meraih cita-cita yang diimpikan.

"Tidak ada kata sulit bagi yang mau usaha dan bahagia menjalani prosesnya," katanya.
 
Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani menerangkan bahwa perkembangan teknologi harus diimbangi dengan kemampuan dan kualitas sumber daya manusia.

Ia meyakini bahwa perguruan tinggi memiliki peran besar membentuk lulusan profesional berkarakter, unggul, terampil, berjiwa kewirausahaan berbasis teknologi.

Sani meminta alumni UIN Jambi memanfaatkan kecakapan yang dimiliki untuk berperan sebagai aktor pembangunan Jambi dalam rangka memajukan dan menggerakkan perekonomian daerah.

Ia menegaskan upaya Pemerintah Provinsi Jambi dalam mewujudkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing perlu kolaborasi dengan perguruan tinggi.

Momentum wisuda ini, kata dia, menjadi refleksi bagi lembaga penyelenggara pendidikan untuk peningkatan, pengembangan, inovasi akademik, mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian untuk menjawab tantangan di masyarakat.

"Kami ucapkan terima kasih kepada UIN Jambi yang telah membentuk alumni dengan mental pembelajar, pekerja keras, inovatif yang mampu beradaptasi dengan perubahan dan teknologi," kata dia.

Sebanyak 1.502 wisudawan itu terdiri dari 8 orang program Doktor, 77 orang program Magister, Fakultas Syariah sebanyak 339 orang . 

Selanjutnya wisudawan Fakultas Adab dan Humaniora sebanyak 94 orang, Fakultas Dakwah sebanyak 34 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 584 orang, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama sebanyak 66 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 274 orang dan Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 26 orang.


Wisudawan terbaik tingkat Universitas yaitu Nurrohim Gita Permata dari Fakultas Sains dan Teknologi prodi Sistem Informasi dengan IPK 3,98. 

Selanjutnya untuk wisudawan terbaik per fakultas diantaranya dari program Doktor yaitu  Maimunah 3,89, Program Magister atas nama Hardi  Muhar Sungguh dengan IPK 3,86. 

Selanjutnya dari Fakultas Syariah atas nama Ziqri Julian Saputra dengan IPK 3,97, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan atas nama Witha Nanda Putri, Fakultas Ushuludin dan Studi Agama diraih oleh M Kardawi, Fakultas Adab dan Humaniora Siti Fajar Riani, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam diraih oleh Ardilla Damayanti, Fakultas Dakwah di raih oleh Mustafa.

Kegiatan wisuda dihadiri oleh  Wakil Rektor 1 Rofiqoh Ferawati, Wakil Rektor II Prof As'ad Isma dan Wakil Rektor III Bahrul Ulum serta civitas akademik UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi dan tamu undangan.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023