Gubernur Jambi Al Haris mendorong para pengusaha batubara agar mempercepat penyelesaian jalan khusus angkutan batubara, karena pada tahun depan cukup banyak agenda, di antaranya pemilu.
 
"Pada tahun 2024 kita mengetahui banyak sekali agenda terutama pemilu, maka kita ingin agar semuanya lancar,” kata Al Haris dalam rapat evaluasi membahas jalan khusus angkutan batubara, di Jambi, Sabtu.
 
Pada intinya, menurut dia, Jambi ingin membahas bagaimana format angkutan batubara pada tahun 2024. Saat ini sudah banyak pengusaha mengalihkan angkutan batubara melalui jalur sungai, karena debit air sangat memungkinkan untuk jalur sungai.
 
“Kita harap sampai April 2024 debit Sungai Batanghari bisa bertahan tinggi dan dapat mengangkut batubara melalui sungai. Selain itu, kita juga mendorong para pengusaha untuk mempercepat pengerjaan jalan khusus angkutan batubara sehingga angkutan batubara dapat menggunakan jalan tersebut dan tidak melintasi jalan umum lagi,” katanya.
 
Ia menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi mulai mengambil langkah pengamanan untuk memaksimalkan angkutan air sebagai angkutan batubara terutama dalam menghadapi Pemilu 2024.
 
“Ini sangat penting sekali agar tidak ada kemacetan di jalan,” kata Al Haris.
 
Rapat evaluasi yang berlangsung secara tertutup itu dipimpin Gubernur Al Haris dan dihadiri Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Danrem 042/Gapu atau yang mewakili, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Kepala Dinas PTSP, Kepala Dinas ESDM, Kepala Dinas Perhubungan, Kasat Pol PP, Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Biro Hukum, dan perwakilan para pengusaha batubara.
 
Selain itu, rapat ini juga turut dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Ditjen Minerba Lana Saria, serta para pengusaha batubara lainnya secara daring.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023