Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Jambi telah mempersiapkan seluruh fasilitas untuk membantu memeriksa para calon legislatif (caleg) yang gagal di pemilihan umum nanti, dan jika mereka mengalami depresi maka petugas di RSJ siap menanganinya.

"Bagi para caleg yang gagal dan mengalami depresi maka jangan khawatir, karena RSJ Jambi sudah siapkan sebagai tempat solusinya," kata Direktur RSJ Jambi Iwan Hendrawan di Jambi, Senin.

Ribuan calon legislatif yang memperebutkan kursi mulai dari tingkat DPRD Kabupaten dan Kota, Provinsi, hingga DPR RI masih terus berjuang mendulang suara untuk mencapai tujuannya, dan dari ribuan caleg yang berkontestasi baik di kancah kabupaten/kota, provinsi, hingga pusat tidak semuanya mendapatkan apa yang mereka inginkan alias gagal.

Iwan menjelaskan, bagi yang menang bisa saja tersenyum lebar, akan tetapi bagi caleg yang kalah bakal menyisakan luka mendalam karena tidak bisa mencapai tujuannya.

 Bahkan dari caleg yang gagal itu bisa berpotensi mengalami depresi atas kekalahan mereka, tetapi bagi para caleg yang kalah dan jika nantinya mengalami stres tidak perlu khawatir, karena Rumah Sakit Jiwa Jambi telah menyiapkan fasilitas konsultasi dan pengobatan.

"Dari setiap pemilu pasti rumah sakit jiwa menyediakan fasilitas untuk para caleg yang gagal dan mengalami depresi," kata Iwan Hendrawan.

Menurut catatan RSJ Jambi, ada celeg yang gagal biasanya akan terbagi dalam tiga kategori, pertama gelisah berat, ovservasi, dan rawat jalan, namun yang paling parah itu biasanya gelisah berat.

Dari riset RSJ Jambi saat ini menunjukkan, mental para caleg kita sudah kuat semua. "Kecil kemungkinan mereka datang ke kita," katanya.

Iwan juga menjelaskan, daya tampung di RSJ Jambi ada 160 tempat tidur yang siap untuk melayani jika memang nantinya ada caleg yang membutuhkan perawatan.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024