Penjabat (Pj) Bupati Merangin Mukti menyebutkan jalan satu-satunya Bangko-Jangkat yang sebelumnya lumpuh akibat tertimbun longsor pada Minggu (14/1) kembali normal untuk dilintasi kendaraan pada Senin (15/1) siang.

‘’Alhamdulillah, berkat kerja keras Dinas PUPR dibantu Polres Merangin dan Dandim 0420 Sarko serta masyarakat, jalan Bangko-Jangkat sudah normal kembali,’’ kata Mukti dalam keterangan pers Senin malam.

Jalan yang sebelumnya sempat tertimbun longsor sepanjang 25 meter tersebut sekitar pukul 14.25 sudah bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Mukti mengatakan meskipun jalan tersebut berstatus jalan Provinsi Jambi tapi pemkab bergerak cepat untuk memperbaikinya demi kelancaran lalu lintas.

‘’Terpenting kita prioritaskan bagaimana masyarakat bisa cepat terbantu, sehingga dampak longsor tidak mengganggu perekonomian warga, mengingat berbagai hasil pertanian dari Jangkat diangkut melewati jalan tersebut,’’ kata dia.

Ia mengakui jalan lintas Bangko-Jangkat tersebut merupakan jalan satu-satunya yang menjadi urat nadi perekonomian warga.

Jikalau jalan itu sempat tertutup sampai satu hari saja maka banyak hasil pertanian dari Jangkat yang rusak di jalan.

‘’Alhamdulillah terima kasih, Dinas PUPR, Polres Merangin, Dandim 0420 Sarko dan masyarakat dengan penuh keikhlasan
menyingkirkan material longsor yang menimbun jalan tersebut,’’ ujar dia.

Kendati jalan tersebut bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat, pemkab mengimbau masyarakat untuk berhati-hati ketika melintas karena kondisinya masih licin akibat tertimbun tanah merah.
 

Pewarta: Bima Aripayoga

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024