PetroChina Jabung dan PetroChina Bangko, KKKS dibawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas, bergerak cepat membantu korban bencana banjir di Provinsi Jambi melalui penyaluran bantuan senilai Rp80 juta.

Penyerahan bantuan ini dibagi menjadi dua bagian. Pada Rabu (17/1), PetroChina Bangko menyerahkan bantuan senilai Rp20 juta, berupa 100 kilogram beras dan 100 dus mie instan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sarolangun.

Bantuan tersebut diteruskan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sarolangun untuk disalurkan ke masyarakat terdampak banjir di dua kecamatan setempat yaitu Limun dan Cermin Nan Gedang.

Sementara itu penyerahan bantuan kedua dilakukan PetroChina Jabung dengan memberikan bantuan senilai Rp 60 juta kepada Dinas Sosial Provinsi Jambi pada 10 Januari 2024.

Hadir dalam acara penyerahan bantuan tersebut CSR Superintendent PetroChina Jabung Adrian Wibisono, Government & Relations Superintendent PetroChina Jabung Lasno, dan Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Jambi M Arif Budiman.

Dua kegiatan penyaluran bantuan ini merupakan bagian dari komitmen SKK Migas-PetroChina dalam upaya membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana banjir di Provinsi Jambi. Ini juga sebagai bentuk kepedulian dan tanggung


 jawab sosial PetroChina terhadap lingkungan sekitar.
Penyerahan uang bantuan untuk korban banjir di Jambi oleh SKK Migas-PetroChina.(ANTARA/HO/Humas PetroChina)

Adrian mengatakan bantuan ini ditujukan untuk meringankan beban sekitar 5.000 lebih warga yang terdampak banjir di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Dia menuturkan PetroChina siap membantu dan terus berkomunikasi kepada dinas terkait mengenai perkembangan penyaluran bantuan ini.

Menurutnya, penyaluran bantuan melalui program PPM bukan hanya tentang penanggulangan bencana, tetapi juga mencakup peningkatan ekonomi, infrastruktur, kesehatan, dan berbagai aspek pengembangan masyarakat lainnya.

"Kami SKK Migas-PetroChina menyadari bahwa bantuan ini sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk meringankan beban yang dialami oleh masyarakat di Provinsi Jambi yang terkena dampak banjir, dan semoga bencana banjir ini segera surut sehingga masyarakat dapat beraktivitas kembali." katanya.

Sementara itu, Arif Budiman mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd atas kontribusinya dalam membantu masyarakat terutama dalam hal ini masyarakat korban bencana alam di Provinsi Jambi.

Arif Budiman juga mengatakan bahwa saat ini dari 11 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi, sembilan kabupaten/kota mengalami musibah banjir.

Bantuan PetroChina ini akan disalurkan ke daerah-daerah yang sangat membutuhkan, terutama Kabupaten Tebo, Batanghari dan Kerinci serta untuk Posko Dapur Umum, dan tempat penampungan pengungsi.

Untuk kontrol dan koordinasi, Arif Budiman menyebutkan dilakukan secara bersama-sama dengan Dinas Sosial dan BPBD kabupaten/kota se-Provinsi Jambi.

Meski demikian upaya kendali diatur pihak Provinsi Jambi untuk memastikan efisiensi distribusi bantuan.

"Bantuan yang diserahkan kepada korban banjir berupa beras, mie instan, minyak goreng, dan makanan lainnya yang dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari," katanya.

Pemerintah provinsi berharap ke depan masalah serupa tidak terjadi lagi, meskipun diakui bahwa banjir merupakan musibah yang sulit dihindari.

Pemerintah juga berharap pihak berwenang dapat mengambil langkah-langkah preventif agar dampak bencana dapat diminimalkan. (Adv)





 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024