Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menyediakan 23 perahu "ketek" gratis untuk warga di dua kecamatan di daerah setempat yang terdampak banjir untuk menuju ke tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu Rabu 14 Februari 2024.

"Kami telah siapkan perahu ketek gratis untuk dua kecamatan, yakni 11 unit perahu ketek di Kecamatan Danau Sipin dan 12 unit di Kecamatan Pelayangan, dan tadi sudah digunakan oleh warga,” kata Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih saat ditemui di Posko Desk Pemilu Pemkot Jambi, Rabu.

Dia menjelaskan, partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dalam pemilu terus menjadi fokus Pemerintah Kota Jambi, terlebih dalam kondisi cuaca ekstrem pada masa pencoblosan.

Kondisi cuaca dengan intensitas hujan tinggi di Kota Jambi menyebabkan beberapa wilayah diterpa banjir, bahkan beberapa TPS pun harus direlokasi.

Sampai dengan dimulainya pencoblosan tadi pagi, data dari Posko Desk Pemilu Pemkot Jambi ada 55 TPS yang direlokasi dari semula 75 TPS. Terjadi pengurangan relokasi karena sudah ada beberapa wilayah yang mulai surut dari genangan air.

Selain memindahkan beberapa TPS ke tempat yang lebih kondusif, Pemkot Jambi juga memfasilitasi angkutan bagi warga yang wilayahnya terdampak banjir.

Pj Wali Kota Jambi itu juga mengatakan, Pemerintah harus mampu menciptakan kondisi aman dan nyaman agar warga penuh semangat datang ke TPS.

Sri menegaskan bahwa kesulitan akses ke TPS dapat menurunkan tingkat partisipasi pemilih, oleh karenanya sejak jauh hari dia menginstruksikan jajarannya agar mengoptimalkan sumber daya Pemkot Jambi untuk mengatasi hal tersebut.

“Kami mengoptimalkan sumberdaya di Pemkot Jambi, termasuk pada jajaran kami di kecamatan dan kelurahan agar memastikan warganya tidak kesulitan mengakses TPS. Oleh karenanya alat mobilitas, seperti perahu ketek gratis itu memang sudah disiapkan," katanya.

Dari hasil pantauan di lapangan menunjukkan, sejumlah warga Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi tetap bersemangat melakukan pencoblosan meskipun harus menggunakan perahu menuju ke TPS.

“Harus tetap semangat nyoblos, pakai perahu bisa, karena TPS-nya tidak terkena banjir," kata Dewi, warga RT- 36 Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024