Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Meparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi mangrove, bazar ekonomi kreatif ramadhan hingga arakan sahur, Bupati Tanjabbar mengucapkan terimakasih atas dukungan Pak Menteri.

Bupati Tanjab Barat, H. Anwar Sadat dalam sambutan nya menyampaikan festival arakan sahur adalah tradisi yang dilaksanakan setiap tahun dan ini juga telah menjadi kalender nasional. 

Pada tahun 2023 lalu Arakan sahur pernah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Parekraf, " Ujar Bupati. 

Dilanjutkan bupati, maksud dan tujuan kegiatan ini sebagai upaya untuk memeriahkan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam menyambut bulan ramadhan, selain itu guna meningkatkan sektor UMKM. dan para peserta lomba adalah masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dari perwakilan masjid- masjid yang ada. 

"Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Tanjung Jbung Barat mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang berpartisipasi, kami juga berterimakasih dan apresiasi dari Kemenperekraf yang telah berkenan hadir di tengah tengah masyarakat Tanjab Barat." tandasnya 

Sementara itu, Menteri Parekraf Sandiaga Salahudin Uno mengatakan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Karena arakan sahur menjadikan festival yang terbaik se-nusantara. 

"Festival arakan sahur Ini adalah kolaborasi budaya dan arakan sahur, menjadi daya tarik wisata religi. Saya ingin mengangkat tulang punggung destinasi wisata halal Indonesia. Dan Festival ini menjadi kekuatan dari Provinsi Jambi, " ujarnya. 

Dia juga menyatakan ada banyak destinasi yang ada di Provinsi Jambi dan berharap festival arakan sahur tahun 2024 sukses dengan inovasi adaptasi dan kolaborasi. 

Sandiaga Uno mengatakan Mangrove Pangkal Babu memiliuki dampak sangat tinggi baik dari sisi sosial dan ekonomi untuk masyarakat sekitar. Selain itu juga memberikan dampak secara ekologi.  

"Dampaknya sangat tinggi, baik dari sosial ekonomi, maupun ekologi apresiasi terbaik buat Pak Gubernur, Pak Bupati, Forkompimda Pak Kapolres, Pak Dandim," katanya.

Menparekraf menyebutkan selain bagus untuk pariwisata Mangrove memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh tumbuhan lain yakni kemampuan tumbuhan tersebut menyimpan karbon di atas rata-rata tumbuhan lainnya.

"Karena ini menyimpan karbon 6 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan tanaman biasa," ungkapnya 

Selain itu, racun berbahaya akibat polusi udara yang diakibatkan aktivitas pencemaran lingkungan dan udara mampu diserapnya dengan baik. Sehingga membuat kehidupan manusia lebih baik.

"Dan menyerap logam berbahaya dan menjadi habitat ikan dan satwa, " ujarnya.

Politisi PPP ini berjanji akan membenahi sejumlah akses kelokasi Mangrove Pangkal Babu. Baik dari sisi infrastruktur maupun dari koneksi jaringan lintas sektoralnya.

"Yang terpenting bagi saya rekreasi dan pariwisata dan tentunya akan kita benahi dari interkonekstivitas, aksebilitas dan dari segi transportasinya dan tetap dipertahankan eksosistem dan ekoswisatanya untuk kebutuhan kita dan keberlanjutannya ke depan," paparnya.

Ia juga mengaku ada beberapa catatan yang disampaikan kepada dirinya harapannya nanti ada perbaikan dan memberikan perubahan pada dampak ekonomi.

"Saya harapkan pangkal babu ini dipertahankan dan terus direboisasi oleh masyarakat dan pentingnya menjaga lingkungan." tandasnya.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Meparekraf) Sandiaga Salahudin Uno di dampngi Gubernur Jambi Al Haris dan Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat pada pembukaan fesival arakan sahur di Kuala Tungkal Jambi (ANTARA/HO)

 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024