Pembangunan jalan rigid beton ini adalah komitment SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd terhadap pemenuhan kebutuhan infrastruktur yang baik bagi masyarakat sekitar wilayah operasional perusahaan terutama bagi masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur).

Total jalan dengan struktur rigid beton yang sudah terbangun ada dua ruas. Tiga kilometer tahun 2021 dan 1,9 KM tahun 2023. Dengan lanjutan sepanjang 6 KM tahun ini maka sudah 10,9 KM rigid beton yang dibangun oleh PetroChina khusus ruas jalan Mendahara - Geragai. 

Pembangunan jalan sepanjang enam KM tahun ini dibangun dengan pola swakelola. Kesepakatan tersebut ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Swakelola oleh kedua belah pihak. Acara penandatanganan kesepakatan dikemas dalam acara safari Ramadhan SKK Migas dan PetroChina bersama Pemkab Tanjung Jabung Timur di rumah dinas Bupati, Kamis (21/3). 

Kerjasama Pembangunan jalan rigid beton sepanjang enam kilometer di ruas Mendahara - Geragai kembali diluncurkan. Kali ini berlokasi di dua titik masing - masing tiga kilometer. 

Tiga kilometer ruas pertama melanjutkan rigid beton dari simpang empat Blok D menuju Mendahara yang tahun lalu sudah terbangun 1,9 KM. Tiga kilometer ruas kedua, simpang empat Blok D menuju Desa Pandanlagan. Kedua ruas lebarnya masing - masing lima meter dengan bahu jalan masing - masing satu meter kiri kanan. 

Pekerjaan jalan sepanjang enam kilometer tahun ini dibangun dengan pola swakelola. Perjanjian Swakelola ditandatangani oleh kepala dinas PUPR Tanjung Jabung Timur Dedy Novrianika, S.T., MM. dan Kabid Bina Marga PUPR Tanjab Timur Susiana, ST, MM mewakili pemerintah daerah

Selain penandatanganan perjanjian swakelola pembangunan jalan enam KM, juga dilakukan penyerahan pembangunan jalan rigid beton blok D menuju Mendahara Ilir sepanjang 1,9 KM yang telah selesai dibangun oleh PetroChina kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur terkhusus bagi masyarakat yang ada di Kecamatan Geragai menuju ke Mendahara Ilir, acara juga diisi dengan pemberian santunan kepada 150 orang anak yatim dan dhuafa. 

Field Manager PetroChina International Jabung Ltd Rudy Hermawan dalam keterngan tertulis yang diterima di jambi, Sabtu, menyatakan bahwa bersamaan dengan kegiatan Safari Ramadhan 1445 H ini selain untuk mempererat tali silaturahmi PetroChina juga menyerahkan beberapa bantuan program pengembangan masyarakat (PPM) berupa jalan rigid beton blok D sepanjang 1,9 kilometer dan kedepannya akan ditambah lagi sepanjang 6 kilometer di dua ruas dengan metode swakelola. 

"Dengan adanya program PPM ini, kami berharap dengan sarana transportasi yang baik dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dengan memperlancar arus transportasi sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan akses ke layanan publik seperti Kesehatan, sekolah, pasar dan lainnya yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tanjung Jabung Timur khususnya," jelasnya.

Safe’i dalam sambutannya mengungkap bahwa SKK Migas mengapresiasi kerjasama Pemkab Tanjabtim bersama PetroChina. Hal itu menunjukkan sinergi antara kedua belah pihak. Dan bukti adanya kesamaan persepsi tentang pentingnya berkontribusi nyata pada aspek kebutuhan masyarakat. Terutama terhadap masyarakat sekitar wilayah operasional perusahaan. 

Sedangkan Bupati Tanjab Timur Romi menyatakan sangat berterima kasih atas respon positif PetroChina dan SKK Migas.

“Atas nama segenap masyarakat Tanjabtim kami berterima kasih atas perhatian dan sumbangsih yang sudah diberikan, semoga apa yang telah dilakukan membawa manfaat sebesar - besarnya bagi kepentingan masyarakat," kata dia.

Terlihat hadir dalam acara, Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel, Safe’i Syafri, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, Rudy Hermawan, Communication Manager, Afdal, CSR Superintendent, Adrian dan Government and Relation Superintendent Lasno, Bupati TanjabTimur H. Romi Hariyanto, S.E., Kepala Dinas PUPR Tanjung Jabung Timur Dedy Novrianika, S.T., MM., Kabid Bina Marga PUPR Tanjab Timur Susiana, ST, MM, Dandim 0419/Tanjab Letkol Arm Dwi Sutaryo, Kaporles Tanjab Timur AKBP Heri Supriawan, Forkopimda Kabupaten tanjung jabung timur, serta para tamu undangan lainnya.



 

Pewarta: Tuyani dan Agus

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024