UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi mematangkan persiapan pendirian fakultas kedokteran setelah mendapatkan ulasan dari Majelis Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes).

Rektor UIN STS Jambi Prof Asad Isma di Jambi, Rabu, mengatakan UIN telah mendapatkan beberapa catatan hasil visitasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan, Kemendikbudristek, LAMPTKes, dan Asosiasi Rumah Sakit yang beberapa waktu lalu meninjau fasilitas yang tersedia untuk membuka fakultas kedokteran.

Saat ini, Rektor UIN STS Jambi bersama Tim Borang Fakultas Kedokteran bergerak cepat dalam merespons ulasan yang telah diberikan oleh Majelis LAMPTKes.

Salah satunya adalah melakukan konsinyering dengan Direktorat Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek dan LAMPTKes. Dalam konsinyering tersebut Tim Borang Fakultas Kedokteran menyampaikan presentasi terkait perbaikan berdasarkan review Dewan Majelis LAMPTKes.

"Seperti yang sudah berkali-kali disampaikan sejak awal periode kepemimpinan kami, bahwa fakultas kedokteran ini akan kita wujudkan. Sejak awal kita terus melakukan berbagai langkah sebagai skema percepatan. Tujuannya agar cita-cita kita sejak kepemimpinan rektor sebelumnya hingga kepemimpinan saya sekarang dapat segera terwujud," kata rektor.

Menurut rektor, beberapa catatan dan persiapan lainnya tersebut terus dilakukan. Termasuk catatan dan hasil evaluasi menjadi masukan dalam proses yang dilakukan saat ini.

"Setelah kami evaluasi, ada beberapa hal yang memang menjadi masukan kami. Oleh karenanya di samping melakukan langkah percepatan, kami terus memperbaiki dan membenahi beberapa kekurangan yang ditemukan. Mohon doanya kepada semua pihak di Provinsi Jambi agar mimpi kita bersama ini dapat segera terwujud dalam waktu dekat," kata dia.

Wakil Ketua Tim Borang Fakultas Kedokteran UIN STS Jambi Tri Wibowo menyampaikan bahwa terdapat sembilan laboratorium untuk pelaksanaan 11 praktikum. Laboratorium tersebut adalah Laboratorium Biokimia, Laboratorium Farmakologi, Laboratorium Patologi Klinik, Laboratorium Anatomi, Laboratorium Biomedik I, Laboratorium, Biomedik II, Laboratorium Biologi Molekuler, Laboratorium Fisiologi, dan Skill Laboratorium.

Pada saat menyampaikan laporan perbaikan atas ulasan itu, dia juga memaparkan mengenai ketersediaan sumber daya manusia calon dosen tetap Fakultas Kedokteran UIN STS Jambi.

Menanggapi laporan perbaikan dari Tim Borang Fakultas Kedokteran UIN STS Jambi, Dewan Majelis LAMPTKes juga memberikan arahan langkah-langkah yang harus diambil oleh Tim Fakultas Kedokteran UIN STS Jambi.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024