Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi mempersiapkan pembangunan kawasan pedestrian baru untuk meningkatkan fasilitas bagi pejalan kaki serta mendukung pengembangan pusat wisata kuliner di daerah setempat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Jambi Momon Sukmana Fitra di Jambi, Senin, mengatakan terdapat dua kawasan pedestrian baru yang akan dibangun yaitu kawasan Jalan Soemantri Brojonegoro dan Sungai Putri, Telanaipura.

"Ini salah satunya di kawasan depan rumah dinas wali kota," katanya.

Pembangunan dua kawasan pedestrian itu akan dilaksanakan pada tahun ini. Pemkot Jambi menganggarkan pembangunan Salah satu kawasan pedestrian di depan rumah dinas wali kota itu sebesar Rp8 miliar.

Ia mengatakan untuk di kawasan Soemantri Brojonegoro, Sipin, itu merupakan lanjutan dari yang sudah ada sebelumnya.

Pemkot Jambi telah mempersiapkan rancangan pembangunan kawasan pedestrian di kawasan tersebut. Lokasi ini juga nantinya menjadi sentra wisata kuliner di Kota Jambi. Untuk yang berlokasi di Sipin itu pihaknya menganggarkan Rp13 miliar

"Itu dibangun kiri dan kanan. Untuk 2025 nanti akan kita teruskan hingga Tugu Juang," katanya.

Dia menegaskan bahwa pembangunan kawasan pedestrian itu meningkatkan estetika Kota Jambi sehingga mengundang wisatawan berkunjung.

Selain itu, ketersediaan kawasan pedestrian di tengah kota juga berdampak terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat. Kawasan pedestrian ini kerap dijadikan lokasi pelaku UMKM untuk berjualan .

Saat ini terdapat beberapa kawasan pedestrian di Kota Jambi yang sudah dimanfaatkan masyarakat sebagai kawasan hiburan dan kuliner.


 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024