Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melalui Fuel Terminal (FT) Jambi membagikan bantuan peralatan pemeriksaan kesehatan bagi balita dan ibu hamil ke sejumlah posyandu di Kota Jambi sebagai upaya membantu penurunan stunting.    

Fuel Terminal Manager Jambi Agung Surendro di Jambi, Kamis, menjelaskan bahwa dukungan dalam bentuk sarana dan prasarana posyandu ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan di bidang kesehatan untuk masyarakat yang tinggal dalam jangkauan wilayah ring 1 FT Jambi.  

“Dalam kegiatan ini kami juga mengajak para kader posyandu untuk aksi tanam pohon dan tanaman obat-obatan di lingkungan posyandu. Selain dalam pemanfaatan tanaman sebagai bahan obat-obatan, kegiatan ini juga membantu menumbuhkan rasa kepedulian para kader akan lingkungan yang asri dan bersih”, kata Agung.  

Ia menambahkan bahwa posyandu yang menjadi wadah dalam membantu meningkatkan pelayanan sosial di bidang kesehatan, dimana Pertamina FT Jambi sebagai pihak perusahaan yang berada paling dekat dengan masyarakat sekitar membantu dalam mengembangkan posyandu di Kelurahan Kasang, Kota Jambi.

Mengacu pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), Pertamina Patra Niaga FT Jambi memiliki tanggung jawab besar untuk mendukung terlaksananya program ini yang mengacu pada capaian SDGs tujuan ketiga yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk semua usia.  

Pertamina memberikan bantuan berupa timbangan bayi, meja, kursi, alat cek kolesterol, alat permainan edukatif, dan Tanaman obat-obatan.

Pertamina juga memberikan bantuan pada posyandu berupa pemberian makanan tambahan (PMT) bagi anak-anak dan balita serta peningkatan kapasitas bagi para kader.

Lurah Kasang Novri Indra mengapresiasi dukungan dari pihak Pertamina terhadap bantuan dukungan sarana prasarana dalam mengembangkan posyandu di Kelurahan Kasang.

“Pada 2023 terdata dari Dinas Kesehatan di Kelurahan Kasang terdapat sembilan orang balita yang mengalami stunting, maka dari itu kami dari pihak Kelurahan Kasang sangat terbantu dengan adanya dukungan dari pihak Pertamina dan kami berharap masalah stunting ini bisa teratasi dengan baik,” kata Novri.

Ketua Kelompok Perempuan Jambi Timur Sehat dan Sejahtera Sugiyanto turut menyatakan harapannya bantuan yang telah diberikan dapat menjadi pendorong dalam pengembangan posyandu dan kader-kadernya.

“Dengan adanya kepedulian dari pihak Pertamina, kami berharap para ibu-ibu kader makin bersemangat dalam melayani masyarakat untuk memajukan Kelurahan Kasang Ini,” kata Sugiyanto.


 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024