Fakultas Hukum (FH) Universitas Jambi  melaksanakan kegiatan ‘Unja Law Fair 5.0 2024’ dengan tema ‘Membangun Masa Depan Hukum yang Inklusif Melalui Pengakomodiran Teknologi Sebagai Upaya Optimalisasi Penegakan Hukum di Indonesia’, Senin (24/6).

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fauzi Syam, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FH Zarkasi, para dosen, tenaga kependidikan, serta puluhan mahasiswa peserta kegiatan.
 
Unja Law Fair 5.0 2024 merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Law Science Organization FH. Agenda ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan sikap sadar hukum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta meningkatkan kemampuan peserta dalam hal kepenulisan, debat, beracara di pengadilan dan kemampuan berbahasa asing.
 
Dalam rangkaian kegiatan ini terdapat empat cabang lomba yang dilombakan, seperti kompetisi penulisan esai hukum nasional, internal moot court competition, bebat konstitusi piala Prof Fuad, serta national Unja debating championship.
 
Berikut daftar kampus-kampus yang ikut serta dari berbagai cabang lomba diantaranya Universitas Jambi, Universitas Indonesia, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Negeri Wali Songo Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Andalas, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
 
Selain itu, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, Universitas Sumatera Utara, Universitas Padjajaran, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Hassanudin, Universitas Airlangga, Universitas Islam Indonesia, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sultan Thaha, Universitas Riau.
 
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fauzi Syam dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengalaman mengikuti beragam kegiatan akan mampu membantu mahasiswa untuk mengembangkan diri setelah lulus dalam perkuliahan untuk mencapai cita-cita.
 
“Kita harus berikan apresiasi yg tinggi terhadap tujuan kegiatan yaitu mengembangkan minat dan bakat dari mahasiswa sehingga dapat berkompetisi baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional dan Internasional. Ikuti beragam kompetisi tersebut. Pengalaman mengikuti beragam kegiatan akan mampu membantu mahasiswa untuk mengembangkan diri setelah lulus dalam kuliah untuk mencapai cita-cita,” katanya.
 
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FH A. Zarkasi menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini dan berharap kegiatan ini mencapai kesuksesan yang besar.
 
“Acara pada hari ini merupakan acara tahunan yang ke-5. Setiap tahun Fakultas Hukum mengadakan acara Unja Law Fair ini. Kegiatannya ada 4, lomba esai, Bahasa Inggris, pelaksanaan ke tingkat fakultas, dan debat konstitusi. Teruskan kegiatan semacam ini, jangan ragu-ragu. Kami sangat mendukung adanya kegiatan ini, mudah-mudahan mencapai kesuksesan yang besar,” kata dia.
 
Direktur Law Science Organization 2024, Syai Saladin Usman dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan tahunan dan mengangkat tema atau konsep yang menjadi krusial di masyarakat.
 
“Kami selalu mengadakan setiap tahunnya Unja Law Fair dengan tema atau konsep yang menjadi krusial di masyarakat. Dengan tujuan untuk mengembangkan minat dan bakat serta kompetensi diri bagi mahasiswa dan mahasiswi hukum diseluruh universitas di Indonesia,” katanya.
 
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024