Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi mewisuda mahasiswa pada sarjana, magister dan doktor  sebanyak 1.392 orang periode Juli 2024.

Rektor UIN STS Jambi Prof Asad Isma di Jambi, Kamis, mengatakan bahwa kampus memastikan alumni UIN Jambi memiliki kompetensi unggul sehingga memiliki daya saing sesuai dengan tema wisuda kali ini 
Entrepreneur Unggul untuk Indonesia yang Bermartabat dan Berdaya Saing.

"Saya yakin alumni UIN STS Jambi dapat berdaya saing," kata Prof Asad.

Dalam wisuda sarjana ke-67, magister ke-40 dan doktor ke-16 juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Staf Ahli Gubernur Jambi Husairi, forkopimda  dan mitra UIN STS Jambi lainnya.

Adapun jumlah wisudawan masing-masing fakultas yaitu Fakultas Sains dan Teknologi (28), Fakultas Dakwah (60), Ekonomi dan Bisnis Islam (228), Adab dan Humaniora (110), Ushuluddin dan Studi Agama (55), Tarbiyah dan Keguruan (521), Syariah (246), Pascasarjana Magister (107), Doktor (37).

Terkait peningkatan daya saing alumni, UIN Jambi memiliki  kebijakan strategis pembangunan diantaranya penguatan tri dharma perguruan tinggi, transformasi sumber daya manusia, penguatan transformasi digital, penguatan good university governance, revitalisasi sarana dan prasarana kampus.

"UIN Jambi mewujudkan kelas internasional, meningkatkan kuantitas riset, publikasi, dan pengabdian masyarakat, mendorong riset dan pengabdian berbasis moderasi beragama, SDGs, dan penguatan desa," katanya.

UIN meningkatkan jumlah guru besar 10 persen dari jumlah dosen tetap, jumlah lektor kepala 25 persen dari jumlah dosen lektor, meningkatkan jumlah dosen berpendidikan doktoral 30 persen dari jumlah dosen tetap.

Dalam rangka pengembangan SDM, UIN Jambi merekrut dosen internasional, meningkatkan jumlah tenaga kependidikan bersertifikasi.

Dia menegaskan semakin meningkatnya kualifikasi dosen UIN Jambi dengan bertambahnya doktor mendorong peningkatan kualitas mahasiswa. UIN juga  memberikan pendampingan guru besar yang diharapkan dapat memenuhi syarat khusus calon guru besar.

Dari sisi transformasi digital, UIN Jambi mengembangkan pelayanan berbasis digitalisasi, penguatan informasi perpustakaan digital.

UIN STS Jambi, kata dia, meningkatkan akreditasi prodi unggul minimal 50 persen, mewujudkan akreditasi internasional program studi minimal 10 persen, pengembangan unit bisnis.

"Kelas internasional  akan diselenggarakan setelah terjalinnya kerja sama dengan pihak kampus di luar negeri," katanya.

Saat ini UIN terus berusaha menggapai keunggulan akademik dengan dilihatnya berbagai capaian di antaranya banyaknya mahasiswa UIN Jambi yang sudah memiliki prestasi internasional. Mahasiswa UIN Jambi banyak terlibat dalam kegiatan internasional mulai dari yang akademik sampai non akademik. 

Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani mengatakan alumni UIN Jambi harus aktif mengembangkan  dan mengatakan ilmu untuk pembangunan daerah.

Pemerintah  Provinsi Jambi juga mengucapkan  terima kasih kepada UIN telah berkontribusi  untuk meningkatkan  SDM di daerah setempat.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024