Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka direncanakan akan dilantik pada 20 Oktober 2024.

Pasangan calon nomor urut dua tersebut akan melakukan sumpah atau janji Presiden dan Wakil Presiden.

Namun, sebuah unggahan video di YouTube menarasikan Gibran akan mundur dari wakil presiden.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Politik terkini - RESMI MUNDUR UNTUK WAPRES, PRABOWO MALAH SANTAI.@garispolitik1320

MENGEJUTKAN..!

JUJUR, SAYA MINTA MAAF

SBLM MUNDUR, GIBRAN AKUI SEMUANYA”

Namun, benarkah Gibran resmi mundur sebagai wakil presiden Prabowo pada awal Juli?

 
 
Unggahan video yang menarasikan Gibran resmi mundur sebagai wakil presiden Prabowo pada awal Juli. Faktanya, dalam video tersebut membacakan Gibran mundur dari wali kota solo, bukan wakil presiden. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, foto dalam thumbnail tersebut merupakan saat Gibran tiba di kantor DPRD Solo dan menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Wali Kota Surakarta, bukan sebagai wakil presiden terpilih. Foto tersebut serupa dengan unggahan dilaman Detik yang berjudul “Serahkan Surat Pengunduran Diri, Gibran Tiba di Kantor DPRD Solo”.

Selain itu, potongan video dalam unggahan tersebut serupa dengan video pada laman ANTARA yang berjudul “Gibran minta penggantinya lanjutkan pembangunan Kota Solo”. Dalam video tersebut terlihat Gibran menyerahkan surat pengunduran diri hingga mengemasi barang-barang di meja kerjanya.

Dalam video tersebut juga mempertanyakan Presiden terpilih, Prabowo Subianto yang dinilai tidak mundur dari jabatannya di Menteri Pertahanan. Namun, tidak ada narasi Gibran mundur sebagai Wakil Presiden mendatang.

Klaim: Gibran resmi mundur sebagai wakil presiden terpilih pada awal Juli

Rating: Hoaks

Pewarta: Tim JACX

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024