Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari mencatat volume sampah di daerah setempat meningkat hingga mencapai 31 ton per hari.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari dalam kurun waktu beberapa bulan ini terdapat peningkatan jumlah tonase sampah di kabupaten setempat khususnya di Kecamatan Muara Bulian. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari, Zamzami di Muara Bulian, Rabu, mengatakan peningkatan jumlah sampah tersebut mencapai dua sampai dengan empat ton per harinya.

Sebelumnya, volume sampah itu hanya sekitar 27 ton per hari. Akan tetapi, saat ini sampah meningkat menjadi 31 ton per hari dan dari total volume sampah tersebut didominasi jenis sampah organik domestik.

"Kita angkut sampah tersebut antara 30 sampai 31 ton per hari, dimana sampah-sampah tersebut berasal dari aktivitas dagang yang terjadi di sejumlah ruang publik," ujarnya.

Selain itu, untuk penyebab peningkatan sampah di Kecamatan Muara Bulian ini terjadi akibat adanya aktivitas ekonomi di sejumlah ruang publik seperti di Alun-Alun Batanghari dan Pedestarian Aek Meliuk. 

"Ya kebanyakan sampah-sampah tersebut merupakan sampah plastik yang merupakan kemasan makanan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas LH  menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Batanghari dan juga pengunjung untuk dapat bersama-sama menjaga kebersihan dan fasilitas yang ada di Alun-Alun Batanghari maupun Pedestarian Aek Meliuk tersebut. 

"Buanglah sampah pada tempatnya, dan kita juga sudah menyediakan tempat sampah di setiap titik nya," katanya.

Dengan demikian, sistem pengangkutan sampah di wilayahnya itu tetap masih berjalan normal dengan memaksimalkan armada yang beroperasi penuh tiap harinya.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024