Bandara Sultan Thaha Jambi membuka dua rute penerbangan baru dari daerah setempat menuju Kualanamu dan Yogyakarta pada awal September 2024.

Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi Siswanto di Jambi, Rabu, mengatakan rute penerbangan Jambi - Kualanamu, Sumatera Utara, dibuka mulai 8 September 2024.

Berikutnya pada 13 September rute penerbangan Jambi - Yogyakarta akan dibuka. Maskapai yang membuka penerbangan rute terbaru ini adalah Super Air Jet.

"Ini berdasarkan survei yang telah kami lakukan kepada penumpang, jadi tujuan penumpang itu banyak ke dua rute itu," katanya.

Rute Jambi ke Kualanamu dan sebaliknya membuka jadwal penerbangan setiap Senin, Rabu, Jumat dan Minggu, sedangkan rute Jambi-Yogyakarta dan sebaliknya dibuka setiap Jumat dan Minggu.

Tersedianya rute penerbangan ke dua kota tersebut, kata dia, akan mempermudah konektivitas masyarakat. Dia berharap kunjungan masyarakat ke Provinsi Jambi akan meningkat.

Dengan meningkatnya kunjungan, juga memacu bertambahnya jumlah penumpang pesawat melalui Bandara Sultan Thaha.

Bandara Sultan Thaha Jambi mencatat jumlah penumpang mencapai 641.713 orang sejak Januari sampai dengan pertengahan Agustus 2024.

Rata-rata jumlah penumpang mencapai 71.301 orang per bulannya. Jumlah penumpang yang datang dari luar ke Jambi melalui bandara ini mencapai 320.859 orang sedangkan penumpang keberangkatan mencapai 320.854.

Siswanto mengatakan upaya penambahan rute penerbangan akan berlanjut, pihaknya masih akan melobi sejumlah maskapai untuk membuka rute terbaru.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024