Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Jambi, mencatat realisasi Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024 hingga tahap kedua mencapai 80 persen.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Wendrawati di Muara Bulian, Rabu, mengatakan pelaksanaan kegiatan Pin polio untuk anak usia 0 sampai dengan 7 tahun sudah dilakukan.

Saat ini realisasi pemberian imunisasi polio pada tahap kedua mencapai angka 80 persen. Akan tetapi, pihaknya masih mensupervisi untuk menuntaskan imunisasi polio tahap kedua tersebut.

"Ya, kita masih melakukan imunisasi polio tersebut agar anak-anak semua bisa mendapatkan PIN Polio tahapan kedua," katanya.

Ia juga mengatakan, untuk mengejar target capaian imunisasi polio tersebut pihaknya melakukan dengan cara menjemput bola seperti ke sekolah-sekolah, melalui puskesmas dan juga kegiatan Posyandu.

Sementara itu, Wendrawati mengatakan kegiatan PIN Polio tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran virus polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada anak-anak. 

Polio tersebut merupakan penyakit yang disebarkan oleh virus dimana penularannya melalui feses atau percikan tangan dan makanan yang terkontaminasi. 

Oleh sebab itu, sangatlah penting sekali dilakukan imunisasi polio kepada anak-anak agar terhindar dari penyebaran virus tersebut.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024