Puluhan delegasi dari negara-negara sahabat menghadiri upacara pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

Berdasarkan pantauan dari Gedung MPR/DPR RI di Jakarta pada Minggu, terdapat sekitar 35 perwakilan negara-negara sahabat hadir di acara pelantikan tersebut dari sekitar pukul 09.00 WIB - 10.00 WIB.

Delegasi Jepang yang diwakili oleh Mantan Menlu Jepang Komura Masahiko tiba di Kompleks Parlemen pada pukul 09.15 WIB, disusul oleh delegasi dari Kanada, Prancis, dan Mesir.

Selanjutnya, Wakil Pertama Perdana Menteri Rusia Denis Manturov juga hadir, disusul perwakilan dari Yordania, Turki, dan Inggris yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri sekaligus Pembangunan Inggris David Lammy.

Kemudian, delegasi Amerika Serikat yang diwakili oleh Perwakilan AS untuk PBB Linda T. Greenfield dan Dubes AS Kamala Shirin Lakhdhir juga tiba di Gedung DPR/MPR, disusul oleh kehadiran Mantan Presiden Jerman Christian Wulff, dan Menteri Negara Urusan Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir.

Berikutnya Wakil Perdana Menteri Thailand Anutin Charnvirakul, Wakil Perdana Menteri Qatar Dr. Khalid bin Mohamed Al-Attiyah, Utusan Khusus Presiden Uni Emirat Arab Nahyan bin Mubarak Al-Nahyan.

Delegasi dari Selandia Baru, Australia, Vietnam, Laos, China, Timor Leste, Kepulauan Solomon, Singapura juga hadir di Ruang Sidang Paripurna Pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI.

Selain itu, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim  juga menghadiri acara pelantikan tersebut.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024 - 2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI juga dihadiri para tokoh nasional dan pimpinan partai politik.

Pewarta: Katriana

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024