Bengkulu (ANTARA News) - Pengurus Masjid Raya Baitul Izzah di Jalan Asahan Padang Harapan, Kota Bengkulu akan membagikan ribuan paket daging kurban pada Idul Adha 1432 Hijriyah yang jatuh pada Ahad, 6 November 2011.

"Kami akan membagikan sekitar 1.300 paket daging hewan kurban kepada warga kurang mampu di daerah ini pada Idul Adha 1432 Hijriyah atau Ahad, 6 November 2011," kata Imam Masjid Raya Baitul Izzah Bengkulu, Rusli M Daud, Jumat.

Ia mengatakan, penerima ribuan paket hewan kurban merupakan warga kurang mampu yang tinggal di sekitar Masjid Raya, pemulung, buruh bangunan, buruh tani, anak yatim dan anak yatim piatu.

"Kami juga akan membagikan paket daging kurban kepada anak panti asuhan Bunga Harapan di Padang Harapan, Pondok Pesantren Pancasila di Jembatan Kecil, Harsalakum di Jalan Hibrida dan Hidayatullah di Surabaya," katanya.

Ia menjelaskan, setiap orang akan menerima paket kurban berisi sekitar satu kilogram daging sapi dan ditambah bagian sapi lainnya.

"Kepada warga yang telah mendapatkan kupon paket hewan kurban diharapkan datang langsung ke Kompleks Masjid Raya Baitul Izzah mulai pukul 10.00-14.00 WIB," katanya.

Ia menjelaskan, sekitar 100 panitia kurban akan menyembelih sebanyak 13 ekor sapi pada pukul 08.00 sampai 10.00 WIB. Pemotongan hewan kurban ditargetkan selesai dalam waktu dua jam karena melibatkan pemotong sapi profesional sebanyak tujuh orang," katanya.

"Tahun ini peserta kurban sebanyak 91 orang jamaah Masjid Raya. Setiap peserta kurban dikenakan biaya sebesar Rp1,2 juta dan pembayarannya dilakukan secara bertahap yakni Rp100.000 per bulan," katanya.

Ia mengatakan, jumlah hewan kurban yang disembelih pada 2011 mengalami peningkatan dibanding 2010 yakni sebanyak sembilan ekor sapi.

"Bertambahnya jumlah hewan kurban ini disebabkan kesadaran jamaah melaksanakan kurban cenderung meningkat setiap tahunnya," katanya. (ANT-213/Z002)

Pewarta:

Editor : Kunto Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2011