Jambi (ANTARA Jambi) - Pembangunan jalan tol trans Sumatera yang digagas dalam pertemuan kepala daerah dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan di Sumatera Selatan beberapa waktu lalu, rencananya akan melintasi beberapa wilayah di Jambi, yakni Batanghari, Muarojambi dan Tanjungjabung Barat.

Ruas jalan yang dipilih, sesuai kesepakatan yakni Tempino-Mendalo, batas Sumatera Selatan-Jambi, Jambi-Batas Riau, Jambi-Ujung Jabung dan Jambi-Muarabulian.

Sekretaris Daerah Syahrasaddin, Jumat mengatakan, pihaknya segera membuat dokumen teknis perencanaan pembangunan jalan itu, dan akan dirancang dalam APBD Perubahan Provinsi Jambi tahun 2012.

Menurut dia, penyiapan dokumen teknis ini yakni untuk kebutuhan pihak ketiga dan pembangunan jalan itu.

Pembuatan dokumen perencanaan yang terdiri dari masterplan, Detail Enggenering Desain (DED), Feasibility Study (FS) dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) merupakan langkah untuk meminta anggaran dari pusat. Sebab selama ini jika meminta anggaran dari pusat selalu ditanyakan perencanaannya.

Kebijakan ini merupakan instruksi dari Gubernur Jambi. Jika tidak ada persiapan, pusat tidak akan mengucurkan dana bantuan untuk pembangunan jalan itu. Begitu juga dengan pembangunan lainnya.

Kepala Bappeda Provinsi Jambi Fauzie Ansori yang dihubungi menyatakan hal serupa. Jika sudah dikerjakan melalui anggaran APBD Perubahan ini maka diperkirakan akhir tahun perencanaannya selesai.

"Ya Insya Allah selesai akhir tahun, untuk DED, FS Amdal dan dukumen teknis perencanaannya," katanya.


"Insya Allah kita masukan di APBD Perubahan," ungkapnya.

Fauzie tidak bisa memastikan kapan dimulainya pembangunan jalan tol ini. Pembangunan ini menunggu keputusan pusat.

"Yang penting kita sudah punya perencanaannya, tugas kita membuat perencanaannya," ungkapnya. (T.KR-YJ)


Pewarta:

Editor : Nurul


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012