Jambi (ANTARA Jambi) - Badan Tenaga Atom Nasional (Batan) akan meningkatkan daya tahan dodol kentang produksi industri rumah tangga di Kabupaten Kerinci, Jambi, supaya daya jangkau pemasarannya bisa lebih luas.

Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Kerinci Azmal Padi di Jambi, Senin mengatakan, dodol kentang merupakan produksi makanan ringan industri rumah tangga di Kerinci, yang selama ini terkendala singkatnya daya tahan dodol tersebut.

"Dodol tersebut sangat digemari warga dan pendatang yang berkunjung ke Kerinci, hanya saja daya tahannya hanya satu minggu, sehingga untuk dipasarkan ke luar daerah tidak cukup waktu," katanya.

Batan sudah menandatangani kerja sama atau MoU dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci untuk mengembangkan lima sektor pembangunan, salah satunya industri kecil.

Industri kecil juga menjadi salah satu sasaran pengembangan Batan, karena produk olahan makanan dari berbagai komoditi pertanian dan perkebunan cukup beragam.

Dodol kentang yang selama ini daya tahannya hanya satu minggu, ditargetkan bisa bertahan dua hingga tiga bulan, sehingga wilayah pemasarannya pun bisa diperluas hingga ke luar daerah.

Sentra dodol kentang Kerinci  berada di Desa Lubuk Nagodang, Kecamatan Gunung Kerinci, sebagian bersar warganya memrpoduksi makanan ringan itu.

"Kita berharap kehadiran Batan bisa meningkatkan daya tahan serta menambah cita rasa dodol kentang tersebut, termasuk produk makanan industri kecil lainnya," kata Azmal Padi.

(T.M037)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012