Jakarta (ANTARA Jambi) - Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengutarakan harapannya agar produk minyak goreng kelapa sawit berkelanjutan yang bersertifikat "Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO)" dapat dijual di seluruh dunia.

"Kami harapkan produk (minyak goreng kelapa sawit berkelanjutan,red) ini tidak hanya dijual di toko Carrefour Indonesia, tetapi juga di seluruh outlet Carrefour di seluruh dunia," kata Bayu Krisnamurthi dalam acara peluncuran produk minyak goreng Carrefour Ecoplanet di Jakarta, Senin.

Menurut Wamendag, tidak ada alasan bagi Carrefour di seluruh dunia seperti di Perancis dan Belgia untuk menolak produk minyak goreng buatan dalam negeri yang dijual di outlet-outlet Carrefour di Indonesia karena proses produksi untuk pembuatan produk tersebut telah berstandar internasional.

Senada dengan Bayu, Penasehat RSPO, Bungaran Saragih juga mengutarakan harapannya agar produk minyak goreng Carrefour Ecoplanet yang telah bersertifikat RSPO itu juga dapat dijual di berbagai negara yang di dalamnya termasuk dalam jaringan Carrefour internasional.

Indonesia telah menjadi produsen terbesar, bukan hanya dalam produksi kelapa sawit, tetapi juga dalam hal produksi minyak kelapa sawit yang bersertifikat RSPO atau berkelanjutan.

RSPO merupakan asosiasi nirlaba internasional yang berdiri pada tahun 2004 dan mempersatukan para pemangku kepentingan dari tujuh sektor industri minyak sawit yang bertujuan mengembangkan dan mengimplementasikan standar global untuk minyak sawit berkelanjutan (Cerified Sustainable Palm Oil/CSPO).

Berdasarkan data RSPO per 13 Juli 2012, Indonesia telah mencapai produksi 3,05 juta ton atau 48 persen dari seluruh produk CSPO, mengungguli sejumlah negara seperti Malaysia (2,75 juta ton atau 43 persen).

"Produksi kelapa sawit RI yang telah bersertifikat RSPO sekitar 6 juta ton (pada 2011)," katanya. 

CEO PT Carrefour Indonesia Eric Uzan, mengatakan, minyak goreng Carrefour Ecoplanet terbuat dari 100 persen minyak sawit yang berasal dari Indonesia, produk minyak goreng itu telah diproses dengan standar yang berlaku secara internasional.

Carrefour mengambil inisiatif awal menuju ke arah yang tegas di sektor ritel dengan pencanangan penggunaaan 100 persen minyak sawit berkelanjutan yang bersertifikat selambat-lambatnya pada tahun 2015. Sejak tahun 2010, Carrefour telah membeli sertifikat GreenPalm RSPO untuk produk-produk merek Carrefour yang dijual di negara Perancis.(M040)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012