Jambi (ANTARA Jambi) - Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi, Zumi Zola menargetkan pembangkit listrik tenaga gas yang tengah dirancang bisa beroperasi pada 2013.

"Kami optimistis rencana pembangunan PLTG di Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) bisa selesai dalam 12 bulan dan pada 2013 sudah bisa beroperasi," ujar Bupati kepada wartawan di Muarasabak, ibukota Kabupaten Tanjabtim, Rabu.

Saat ini rencana pembangunan PLTG itu sudah masuk tahap studi kelayakan.

"Rasa optimistis kami juga didasarkan setelah ditandatanganinya kesepakatan bahwa PT Mega Energi Nusa ditetapkan sebagai mitra  Pemkab Tanjabtim dalam pengelolaan dan pengusahaan gas bumi 5 MMCFD dari PT Petrochina Jabung Ltd," jelasnya.

Dengan adanya pengelolaan gas yang melibatkan perusahaan daerah merupakan langkah awal dalam mewujudkan kemandirian energi dan memenuhi kebutuhan energi listrik masyarakat.

Sementara itu, Dirut PT Mega Energi Nusa Reza Saleh mengatakan, PLTG di Tanjabtim rencananya berkapasitas 2 x 10 Mega Watt. PLTG tersebut akan dibangun di atas lahan seluas enam hektare, lokasinya berada di antara sumber gas dan gardu induk Tanjung Batu, Kecamatan Mendahara Ulu.

"Dana yang dibutuhkan untuk membangun PLTG ini sekitar 20 juta dolar AS atau Rp180 miliar dengan target sudah mulai beroperasi pada 2013, dan dalam proses pembangunannya, perusahaan akan menanggung semua biaya operasionalnya.

Berdasarkan data di PLN Muarasabak, jumlah pelanggan PLN di Kabupaten Tanjabtim baru mencapai 2.600 pelanggan. Untuk 2012, PLN Tanjabtim ditargetkan bisa menembus 60 persen atau sekitar 77.789 sambungan.

Dengan adanya PLTG ini tentunya bisa menambah daya listrik yang ada dan bisa memenuhi kuota pelanggan yang ada.(KR-BS)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012