Jakarta (ANTARA Jambi) - Saat mudik Lebaran, calon pemudik terutama yang menggunakan kendaraan umum sebaiknya memperhatikan tiga penyakit yang rawan menyerang saat melakukan perjalanan.

Ahli Penyakit Dalam dr T Bahdar Johan dalam bincang-bincang "Bersih dari Kuman Untuk Siap Meraih Kemenangan Fitri", mengemukakan tiga penyakit yang rawan menyerang saat mudik dan tips menghidarinya.

"Penyakit yang paling umum menyerang saat melakukan perjalanan jauh atau mudik adalah flu, diare dan infeksi saluran kandung kemih," kata dr Bahdar di Jakarta, Senin.

Penyakit influensa dan diare terjadi karena infeksi kuman yang tertular melalui makanan karena tidak mencuci tangan sebelum makan.

"Namun perlu diingat bahwa infeksi tidak selalu melalui makanan karena bisa jadi kuman masuk ke dalam tubuh melalui tangan yang menyentuh mata, hidung atau mulut," katanya.

Oleh karena itu, Bahdar menganjurkan untuk mencuci tangan sesering mungkin terutama saat berkeringat dan sebelum makan.

Jika dalam perjalanan, manfaatkan waktu istirahat kendaraan di 'rest area' atau di restoran untuk cuci tangan.

Selain itu, pemudik juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat dalam perjalanan maupun di tempat istirahat.

Perbanyak air putih dan ada baiknya membawa bekal buah-buahan serta roti untuk jaga-jaga kalau restoran yang dipilih kondisinya kurang bersih, kata Bahdar.

Sementara itu pada penyakit infeksi saluran kandung kemih, dr Bahdar mengatakan, tips yang paling utama jangan menahan buang air kecil, terutama kaum perempuan memang agak ribet.

"Pasien penyakit ini 60 persen adalah perempuan," kata Bahdar.

Oleh karena itu, kaum perempuan agar tetap membawa peralatan seperti tisu basah dan tisu kering untuk keadaan darurat.

"Gejala infeksi saluran kandung kemih di antaranya, perut bawah bagian kanan terasa perih dan ketika buang air kecil terasa panas atau perih," katanya.

Infeksi saluran kandung kemih bisa jadi berbahaya jika pasien sampai tidak bisa buang air kecil. Pada tahap ini, pasien harus segera dibawa ke dokter.

Terakhir, Bahdar menyatakan hal paling penting yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalan mudik adalah menjaga daya tahan tubuh.

"Tips paling sederhana untuk menjaga daya tahan tubuh, yakni cukup makan dan cukup tidur. Jangan begadang," katanya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012