Bakauheni, Lampung Selatan (ANTARA Jambi) - Basarnas menyiapkan tim penyelam untuk mengevakuasi korban Kapal Motor Penumpang (KMP) Bahuga Jaya, yang tenggelam Rabu pagi sekitar Pulau Rimau Balak atau empat mil dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

"Selain dari Basarnas, Dinas Perhubungan Provinsi Lampung juga menyiapkan delapan orang penyelam," kata Deputi Operasional Basarnas Mayor Jenderal Hadi Lukmono, di Bakuheni Lampung Selatan, Rabu.

Teknis pencarian korban, yakni dengan mencari tempat tenggelamnya kapal feri tersebut kemudian memasang tali menuju ke bawah tempat lokasi KMP Bahuga tenggelam.

Terkait belum dilakukan evakuasi hari ini, Hadi menjelaskan kondisi cuaca buruk di perairan Selat Sunda yang menyebabkan evakuasi korban tidak dilakukan.

"Mudah-mudahan besok pagi cuaca bagus dan arusnya tenang sehingga tim evakuasi dapat melaksanakan tugasnya," katanya.

Hadi mengatakan, kedalaman air laut tenggelamnya kapal tersebut sekitar 50 meter dan diperkirakan ada korban lain di KMP Bahuga Jaya.

Pihaknya juga telah membuat posko laporan kehilangan korban kapal tenggelam tersebut sehingga juga dapat diketahui jumlah korban baik yang selamat, mengalami luka-luka maupun yang meninggal dunia.

 "Korban yang telah dievakuasi sebanyak 215 orang dan delapan orang meninggal dunia," kata dia menambahkan.

Sementara itu, Komandan Brigif-III Marinir Piabung Kolonel Hardimono mengatakan, pihaknya juga akan menerjunkan satu grup penyelam dengan membawa perlengkapan lengkap untuk mengevakuasi korban yang diperkirakan masih berada di dalam KMP Bahuga Jaya.

"Kami telah menyurvei lokasi tenggelamnya kapal Bahuga Jaya dan siap diterjunkan ke lokasi tersebut, sedangkan untuk teknis evakuasi mengikuti operasional dari Basarnas," jelas dia.

Korps Marinir juga telah menyiapkan tim penyelamat termasuk tim kesehatan lapangan dan beberapa tim lain untuk mendukung operasional Basarnas.

"Di Merak, kami juga telah menyiapkan personel sekitar 20 orang, sedang di Bakauheni sendiri sekitar 30-40 personel untuk 'standby'," ujarnya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012