Jakarta (ANTARA Jambi) - Sebanyak 100 foto Sadar Wisata terbaik se-Indonesia dipamerkan di Grand Indonesia Shopping Town Jakarta, 28-30 September 2012.

Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Firmansyah Rahim di Jakarta, Jumat, mengatakan, sebanyak 100 foto itu terseleksi dari lomba foto sadar wisata 2012 dengan total hadiah Rp57,5 juta yang digelar pada 16 Maret-24 Agustus 2012.

"Lomba ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya pemberdayaan masyarakat komunitas, pecinta, dan hobiis fotografi dalam memasyarakatkan Sadar Wisata dan Sapta Pesona," katanya.

Penilaian telah dilakukan di Jakarta pada 4 September 2012 dan ditetapkan 100 karya foto terbaik masuk dalam nominasi juara lomba.

Lomba foto itu dimenangkan oleh Juara I Henry Lopulalan dari Jakarta dengan judul foto Makan Bajamba, Juara II Ronaldy Irfak dari Jayapura dengan judul Papua Penuh Damai, dan Juara III Adhi Prayoga dari NTB dengan judul foto Air Terjun Tiu Kelep.

Juara Harapan I Arya Marta dari Bandung dengan judul foto Seren Taun dan Juara Harapan II Anom Manik Agung dari Bali dengan judul Tradisi Petik Laut Muncar.

Foto-foto itu dipamerkan pada acara pameran foto yang digelar di Fountain Atrium, West Mall Grand Indonesia Shopping Town Lantai 3A Jakarta Pusat pada 28-30 September 2012.

"Lomba foto Sadar Wisata 2012 mendapat tanggapan antusias dari para pecinta fotografi," katanya.

Pada 2010 jumlah peserta lomba sebanyak 368 orang dan foto yang masuk mencapai 1.468 lembar. Sedangkan pada 2011 sebanyak 630 peserta dengan 2.424 lembar foto, kemudian pada 2012 sebanyak 580 peserta dengan jumlah foto mencapai 2.290 lembar foto.

Lomba bertema Peran Masyarakat dalam Menggalakkan Sadar Wisata di Destinasi Pariwisata Melalui Penerapan Sapta Pesona itu terbuka untuk umum dengan memerebutkan hadiah total Rp57,5 juta.

"Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan Sapta Pesona melalui seni fotografi," katanya.

Melalui lomba itu juga diharapkan obyek dan daya tarik wisata yang layak dikunjungi semakin dikenal berkat produk fotografi yang dilombakan.

Dewan Juri terdiri atas Sigit Pramono (Ahli Fotografi, Komisaris BCA), Darwis Triadi (Ahli Fotografi), Bambang Wijanarko (Ahli Fotografi), Arbain Rambey (Ahli Fotografi), dan Ray Bachtiar (Ahli Fotografi, Komunitas Lubang Jarum Indonesia).(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012