Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi menggelar festival budaya sebagai bagian dari peringatan hari ulang tahun kabupaten paling timur Provinsi Jambi yang ke-13.

"Melalui festival budaya ini diharapkan masyarakat semakin tahu dan mencintai budaya daerah sebagai bagian dari budaya nasional," ujar Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Zumi Zola di Muarasabak, ibukota Kabupaten Tanjabtim, Rabu.

Menurut dia, festival budaya yang rencananya digelar sepekan itu diharapkan agar para insan dan pemerhati seni bisa bekerja lebih profesional, berinovasi, berkolaborasi dan melakukan eksperimentasi seni sehingga dapat melahirkan karya seni yang bermutu tinggi dan tetap berakar pada budaya bangsa sendiri.

Tanjabtim sebagai salah satu daerah pesisir di Jambi juga memiliki beragam budaya lokal maupun wisata alamnya dan berpotensi menjadi salah satu tujuan wisatawan.

Kekayaan budaya di wilayah Tanjabtim sangat beragam, seperti ritual mandi Safar, acara adat tari inai, tari seribu lilin, dan tari sumbun.

"Untuk itulah dibutuhkan para pegiat seni yang benar benar profesional. Jika ini dikelola dan dikemas dengan baik, maka dapat diperkenalkan dan di promosikan kepada masyarakat luas, baik di dalam maupun di luar daerah yang tentunya berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Selain festival budaya, dalam menyambut HUT Tanjabtim, pemerintah setempat juga membuka pameran pembangunan selama 13 tahun daerah itu berdiri. HUT Tanjabtim dijadwalkan akan digelar di DPRD setempat pada 21 Oktober 2012.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012