Jambi (ANTARA Jambi) - Bupati Tebo, Jambi, Sukandar mengatakan, Pemkab Tebo sudah menganggarkan dana dari APBD 2013 untuk pembangunan pusat kajian Islam (Islamic Center) dan stadion olah raga sebesar Rp60 miliar.

"Pembangunan Islamic Center dan stadion yang dicanangkan Pemkab Tebo dianggarkan sebesar Rp60 miliar," katanya di Muaratebo, ibukota Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, Senin.

Pembangunan dua sarana tersebut termasuk penting bagi masyarakat, dan program tersebut termasuk prioritas karena dapat menyentuh langsung kepada masyarakat.

Khusus untuk pusat kajian Islam atau Masjid Agung, Pemkab Tebo telah melakukan pembebasan lahan dengan biaya mencapai Rp3,2 miliar.

"Dengan adanya Masjid Agung di Tebo, tentu menjadi kebanggan masyarakat Tebo dan bisa membuat Kota Tebo lebih baik lagi," ujar Sukandar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tebo, Mulawarman mengatakan, pembangunan pusat kajian Islam itu akan dilakukan pada 2013. Anggarannya sudah diajukan sebesar Rp60 miliar.

Dari dua rencana tersebut, pembangunan yang akan didahulukan adalah Islamic Center atau Masjid Agung.

"Tahun 2012 ini kita fokus kepada pembebasan lahan, sementara pembangunannya pada tahun mendatang baru akan dikerjakan," ujarnya.

Saat ini pihaknya sedang merancang model dan bentuk bangunan yang akan dikerjakan. Namun, khusus desain untuk Masjid Agung, pihaknya menyerahkan kepada masyarakat, seperti apa keinginan mereka terkait bentuk dan desain masjid itu.

Peletakan batu pertama pembangunan masjid sudah dimulai sekitar Juni lalu yang dilakukan oleh Bupati Tebo Sukandar dan mantan Pelaksana Tugas Bupati Havis Husaini yang juga menjabat Asisten II Setda Provinsi Jambi.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012