Jakarta (ANTARA Jambi) - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat akan menyusun program terpadu Gerakan Nasional Sadar Perubahan Iklim atau Gernasari.

"Program ini dimaksudkan untuk mendorong pemerintah daerah  melaksanakan program pengendalian perubahan iklim," kata Deputi bidang Koordinasi Lingkungan Hidup dan Kerawanan Sosial Kemko Kesra Willem Rampangilei pada Rakornas Tantangan Kesejahteraan Rakyat dalam Perubahan Iklim di Jakarta, Rabu.

Gernasari akan mengarah pada penghargaan dan apresiasi dari Pemerintah Pusat atas aksi nyata Pemerintah Daerah untuk kesejahterakan rakyat dalam kondisi iklim yang berubah. Program Gernasari rencananya akan diluncurkan pada 2014.

"Penghargaan dan apresiasi diberikan berdasarkan penilaian capaian kinerja pemerintah daerah pada periode tahun sebelumnya," katanya.

Melalui kerja sama antara Kemenko Kesra, Kementerian Keuangan dan Kementerian teknis terkait, diharapkan program  itu dapat menggulirkan dana insentif daerah sebagai wujud apresiasi untuk pemerintah daerah yang berprestasi dalam penanganan perubahan iklim.

Ia juga mengatakan bahwa perubahan iklim dan segala dampaknya perlu segera mengintegrasikan aspek mitigasi dan adaptasi ke dalam pembangunan nasional.

"Masyarakat harus dikondisikan untuk lebih siap, tahan dan kuat terhadap ancaman yang diakibatkan oleh perubahan iklim," katanya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012