Jakarta (ANTARA Jambi) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, mengatakan peluang bisnis industri komik di pasar domestik masih begitu besar.

"Saya mengajak generasi muda yang kreatif untuk mengeksplorasi peluang bisnis industri komik nasional," kata Menteri Mari Elka Pangestu di Jakarta, Kamis.

Pihaknya bersama belasan pemangku kepentingan lain menggelar Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012 di Epiwalk, Kuningan, Jakarta, pada 21-25 November 2012 yang di dalamnya ada rangkaian event Bincang Komik.

Melalui kegiatan soal komik itu, Mari berharap dapat menginspirasi khalayak penggiat komik untuk menciptakan kolaborasi kreatif mengingat peluang bisnisnya yang masih terbuka lebar di pasar domestik.

Ini juga kami harapkan mampu menjadi bagian dari pergerakan industri komik di Indonesia," katanya.

Komik merupakan salah satu bidang yang memegang peranan penting dalam industri kreatif nasional, karena itu komik diharapkan bisa berkolaborasi dengan ranah animasi, periklanan, film, dan juga bisnis.

Ia berharap, para penggiat komik Indonesia dapat menciptakan kolaborasi kreatif agar terjadi pergerakan positif yang masif bagi industri komik di tanah air.

Pihaknya mencatat kontribusi ekonomi kreatif kepada PDB nasional terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, di mana pada 2010 sebesar Rp472,8 triliun dengan serapan 11,49 juta tenaga kerja, meningkat pada 2011 menjadi Rp526 triliun dengan serapan 11,51 juta tenaga kerja.

Angka itu ditargetkan terdongkrak pada tahun ini menjadi Rp573,4 triliun dengan serapan 11,57 tenaga kerja.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012