Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, menyiapkan sedikitnya 20 ton beras untuk mengantisipasi bencana banjir di daerah itu.

"Sebanyak 20 ton beras ini berasal dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) dan Dinas Pertanian. Seluruh persiapan kami lakukan untuk mengantisipasi apabila banjir datang memasuki musim hujan saat ini," kata Sekretaris Daerah  Kabupaten Tanjung Jabung Timur Darminto di Muarasabak, ibu kota kabupaten tersebut, Jumat.

Menurut dia, untuk mengantisipasi datangnya bencana, khususnya banjir, Pemkab Tanjung Jabung Timur juga telah membentuk satuan kerja khusus hingga satuan pelaksana yang sudah disiapkan sejak jauh hari.

"Satuan inilah yang nantinya bekerja dan berkoordinasi terkait pemberian bantuan dan penanganan lainnya apabila bencana datang," katanya.

Selain persiapan teknis, Pemkab Tanjung Jabung Timur  sebelumnya juga telah mengantisipasi dengan melakukan pembersihan gorong gorong dan saluran air lainnya yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum.

Dengan dibersihkannya berbagai sarana saluran air itu, meski hujan lebat atau air sungai meluap, air akan lebih lancar mengalir sehingga bencana banjir bisa diminimalkan.

"Persiapan lain adalah menyiagakan Puskesmas di setiap kecamatan, khususnya bagi daerah yang rawan banjir. Kami juga mendirikan posko bencana di daerah rawan bencana," katanya.

Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan daerah hilir Provinsi Jambi dan masuk kategori daerah rawan banjir ketika musim hujan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi sebelumnya menyebutkan sedikitnya ada tujuh kabupaten/kota di Provinsi Jambi yang sudah  dilanda banjir, di antaranya Kabupaten Kerinci, Bungo, Merangin, Tebo, Batanghari, Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi.

Banjir paling parah  melanda Kabupaten Merangin yang terjadi sejak Minggu (2/12). Sedikitnya lima kecamatan di daerah itu terendam air.

Banjir tersebut menewaskan dua orang warga dan merendam 436 rumah warga, tujuh sekolah dasar dan madrasah serta fasilitas umum lain seperti jalan lintas kecamatan, masjid, mushala, Pustu dan Posyandu.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012