Jakarta (ANTARA Jambi) - Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya mengatakan pemimpin daerah wajib menyediakan lingkungan yang bersih.

"Pemimpin wajib menyediakan udara yang bersih, air yang jernih dan lingkungan yang baik, karena merupakan bagian dari pelayanan publik," ujarnya dalam pemaparan evaluasi kualitas udara perkotaan di Jakarta, Senin.

Kepala daerah harus memastikan warganya mendapatkan akses lingkungan yang bersih. Lingkungan yang sehat dan bersih akan menekan biaya kesehatan penduduk.

"Hak untuk mendapatkan lingkungan yang baik juga dijamin oleh UUD 1945," kata mantan Rektor Universitas Cendrawasih itu.

Pada kesempatan tersebut Menteri Lingkungan memberikan penghargaan kepada sembilan kota yang meraih penghargaan program Langit Biru 2012.

Kota yang meraih penghargaan kategori Kota Metropolitan yakni Tangerang, Jakarta Selatan dan Medan. Kemudian untuk kategori Kota Besar, yakni Batam, Denpasar dan Manado. Untuk kategori Kota Sedang diraih Serang, Manokwari, Mataram.

Wakil Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan pemerintahannya sudah melakukan berbagai kegiatan untuk mengurangi emisi, salah satunya dengan melakukan pengolahan gas metana sejak 2011.

"Pada tahun ini, kami menggerakkan program 1.000 bank sampah serta kampung hijau dan sehat," ujar Arief.

Selain itu juga dilakukan penghijauan di sekolah maupun kantor pemerintahaan. Menurut Arief, program Langit Biru memotivasi pihaknya untuk terus melakukan berbagai upaya demi lingkungan yang sehat.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012