Solo (ANTARA Jambi) - Masyarakat tidak perlu khawatir meminum obat secara terus menerus akan merusak ginjal, karena hal itu tidak benar, kata Bambang Purwanto yang akan dikukuhkan sebagai guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Solo. 

"Jika tidak meminum obat seperti obat tensi yang harus diminum jangka panjang bahkan seumur hidup, justru akan terjadi komplikasi pada organ-organ tersebut (otak, jantung, dan ginjal)," kata Prof DR Dr HM Bambang Purwanto, SpPD di Solo, Selasa.

Menurut dia, obat tersebut yang penting harus diprogramkan oleh dokter yang berkompeten untuk menghindari komplikasi pada organ-organ tubuh tersebut.

Ia mengatakan pengobatan jangka panjang bahkan seumur hidup juga berlaku pada penyakit kencing manis (MD) sehingga komplikasi pada organ-organ dapat dihindari. 

Pada penderita hipertensi maupun kencing manis, lanjutnya, sering hanya mengandalkan obat semata, hal ini tidak betul, sebab pola hidup, pola makan, dan olahraga yang teratur akan meningkatkan kualitas hidup dan bila mungkin dapat mengurangi jumlah obat yang diminum, sehingga efek samping obat dapat diminimalkan.

Dikatakannya, kebiasaan minum jamu pegel linu, obat-obat analgetik, antiperitik, suplemen yang menyegarkan, minuman atau makanan yang mengandung bahan pengawaet, juga akan bisa merusak ginjal, dan ini sebaiknya dihindari.

Hipertensi yang kronis akan menyebabkan penderita menjadi kebal dan tidak ada keluhan (sakit kepala dan lain-lain), meskipun tensi tinggi bahkan sistole melebihi 200 mmHg.

Hal ini akan berbahaya karena penderita tidak ada keluhan tetapi bisa menyebabkan pembuluh darah otak pecah (stroke hemoragik), dapat menyebabkan kematian mendadak, karena hipertensi yang tidak terkontrol dan dibiarkan reseptor rasa sakit menjadi kebal sehingga penderita tidak waspada.

Bambang mengatakan, untuk menghindari penyakit tersebut pada prinsipnya pola hidup, pola makan, jumlah minum (harus cukup tetapi tidak boleh berlebihan), olahraga yang teratur dapat mencegah terjadinya penyakit ginjal tersebut.

Ia mengatakan, untuk pola makan diharapkan banyak mengandung sayur, buah-buhan, ikan air, putih telur minum antara 1,5 sampai 3 liter sehari terutama pagi sampai pukul tujuh sore, olahraga yang teratur tiap hari,  minimal dua hari sekali.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012