Lampung (ANTARA Jambi) - Separuh badan Jalan Lintas Timur Sumatera di Desa Bujungtenuk, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang, Lampung, amblas sedalam tiga meter, akibatnya arus lalu lintas dari Lampung menuju Sumatera Selatan dan sebaliknya dialihkan ke jalan lintas tengah.

"Amlasnya badan jalan dikarenakan tidak kuat menahan guyuran hujan yang terjadi sejak kemarin,” kata seorang warga Bujungtenuk, Juldin, Rabu.

Lubang di badan jalan selebar empat meter dan panjang lima meter itu kini sudah dipasangi garis polisi. Dua petugas lalu lintas ditempatkan di lokasi jalan yang rusak untuk mengatur kendaraan yang hendak melintas.

“Hanya bisa dilalui kendaraan pribadi. Truk dan kendaraan berbadan besar tidak bisa lewat,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Lampung AKBP Sulistyaningsih.

Sulistyaningsih menjelaskan bahwa untuk menuju Sumatera Selatan dan provinsi lainnya, arus lalu lintas dialihkan mulai dari Terbanggi Besar untuk kemudian ke jalan lintas tengah melalui Kotabumi, Lampung Utara.

Sementara itu, Jalan Lintas Barat Lampung yang menghubungkan Lampung-Bengkulu juga putus total akibat ambles dan terendam banjir. Lokasi ambles terletak di Desa Mandiri Sejati, Kecamatan Krui Selatan, Lampung Barat. Jalur Lampung Barat ke Kabupaten Tanggamus juga terputus.

Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri mengatakan, jalan yang berada di tepi laut itu kini sudah berubah seperti sungai dengan lebar 30 meter. Amblesnya jalan disebabkan hujan deras yang mengguyur daerah itu dalam dua hari terakhir.

”Sejumlah rumah rusak dan terendam banjir. Untuk sementara kami berupaya membuka akses warga kerena ada satu kecamatan yang berada di dua titik jalan yang ambles,” ucapnya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012