Jakarta (ANTARA Jambi) - Pakar obsteri dan ginekologi dr Febriansyah Darus SpOG mengatakan investasi nutrisi mencegah berbagai penyakit saat kehamilan.

"Investasi nutrisi dengan menjaga kesehatan dari semenjak perencanaan kehamilan dan saat kehamilan sangat dibutuhkan karena masa-masa tersebut adalah masa penting yang akan menentukan bagaimana kehidupan dan kondisi fisik anak di masa depan," ujar Febriansyah dalam acara Lactamil Mama Care.

Investasi nutrisi adalah landasan penting agar proses tumbuh kembang anak dapat berlangsung dengan sempurna, termasuk pembentukan organ penting dan sistem tubuh, perkembangan otak, pertumbuhan fisik cepat dan maturasi saluran pencernaan yang ditentukan oleh asupan nutrisi sejak sebelum kehamilan.

"Berbagai penyakit seperti TORCH, diabetes melitus gestasional, kekurangan zat besi dan lainnya dapat dicegah dengan asupan gizi yang tepat sejak mempersiapkan kehamilan."

TORCH adalah singkatan dari Toxoplasma gondii (Toxo), Rubella, Cyto Megalo Virus (CMV), dan Herpes Simplex Virus (HSV).

Penyebab utama dari virus dan parasit TORCH adalah hewan yang ada di sekitar ibu hamil speerti ayam, kucing, burung, tikus, merpati, kambing, sapi, anjing, babi, dan lainnya.

"Tapi ada juga disebabkan karena perantara sepeti sayuran atau daging setengah matang," jelas dia.

Berbagai penyakit tersebut dapat menyebabkan keguguran hingga cacat pada janin. Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk memeriksakan darahnya pada saat kehamilan.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012