Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Provinsi Jambi menargetkan penyelesaian jembatan pedestarian atau khusus pejalan kaki senilai kurang lebih Rp86 miliar selesai pada 2014.

"Jembatan ini akan melintasi sungai Batanghari tepat di depan rumah dinas gubernur Jambi dan ditargetkan selesai 2014 nanti," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Ivan Wirata.

Pembangunan jembatan itu diproyeksikan untuk mendorong serta memperkuat sektor pariwisata di Provinsi Jambi. Sejumlah alat berat juga telah disiapkan di lokasi pembangunan jembatan.

Tidak hanya jembatan, di bagian ujung jembatan yang menghubungkan antara Kota Jambi dengan kawasan Seberang Kota Jambi tersebut juga akan dilengkapi dengan pendirian jam setinggi 100 meter senilai kurang lebih Rp15 miliar.

"Karena ini diproyeksikan untuk wisata, pembangunan jembatan juga dibuat berbeda dari daerah lain di Indonesia. Bentuk jembatan mirip huruf S," katanya.

Ivan mengatakan, khusus pembangunan jam setinggi 100 meter itu akan terdiri dari empat lantai dilengkapi lift khusus.

Sebelumnya, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengaku sangat yakin akan potensi wisata di Jambi asalkan dikelola dengan serius, salah satunya adalah dengan mendirikan jembatan pedestarian di atas Sungai Batanghari.

Untuk mendukung upaya tersebut, pihaknya juga akan mendorong pembangunan kawasan Seberang Kota Jambi melalui wisata kuliner.

"Kawasan Seberang Kota Jambi sangat berpotensi menjadi lokasi wisata baik kuliner maupun sejarah. Ini modal bagus untuk iklim wisata di Jambi," ujarnya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013